Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Layanan Pembelajaran Daring dan Pemanfaatannya di Sekolah

Wijayanto, ST, M.Kom. ketika dimoderatori oleh Rahma Huda Putranto
Wijayanto, ST., M.Kom. menjadi narasumber pertama di Kegiatan Pendayagunaan Sumber Belajar SMK Berbasis TIK di Hotel C3 Ungaran, Selasa (4/4/2019). Kaprodi TIK Universitas PGRI Semarang ini menyampaikan materi yang bertajuk Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia. Materi ini merupakan turunan dari tema besar yang ditentukan oleh BPTIKP Dikbud Jateng yaitu Pembelajaran Daring sebagai Pendamping Pembelajaran Luring.

Aktivis APTIKOM Jateng ini mengatakan bahwa peran pembelajaran Daring akan sangat strategis. Bahkan di masa depan nanti pembelajaran luring akan tergeser oleh pembelajaran daring. Sehingga daring akan memunculkan banyak peluang baru di masa yang akan datang.

Pembelajaran daring dapat memanfaatkan berbagai macam layanan yang gratis ataupun berbayar, antara lain:
1. Schoology
2. Oracle Academy
3. Moodle
4. Google Clasroom
5. Microsoft Teams

Pembelajaran daring dapat dilakukan dengan model pembelajaran daring sepenuhnya atau blended. Syarat sebuah sekolah dapat sukses melaksanakan pembelajaran daring adalah:
1. Guru dan peserta didik memiliki komitmen untuk menggunakan pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar
2. Guru harus membuat konten pembelajaran yang menarik sesuai dengan tingkat perkembangan siswa

Pembelajaran daring kini menjadi alternatif dalam rangka memanfaatkan kemajuan teknologi. Telah tersedia banyak pilihan model pembelajaran daring. Tinggal guru, siswa dan pemangku jabatan bidang pendidikan bersedia memanfaatkannya atau tidak.

Ungaran, 4 April 2019

Comments

Baca Juga