Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Tips Menata Ruang Kerja yang Membangkitkan Semangat Kerja

Ruang kerja adalah tempat yang digunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Ruang kerja harus tertata dengan baik agar pekerjaan dapat terselesaikan. Ruang kerja yang tertata rapi akan meningkatkan semangat kerja. Pengguna ruang kerja tentu akan betah berlama-lama di ruang kerja untuk menyelesaikan pekerjaan.

Keberadaan ruang kerja kini semakin dibutuhkan. Mengingat banyak pekerjaan yang tidak dapat terselesaikan di kantor karena keterbatasan jam kerja. Selain itu, banyak profesi yang kini tidak membutuhkan pergi ke kantor. Artinya pekerjaan bisa diselesaikan dari rumah. Hal ini menguatkan persepsi bahwa ruang kerja yang memadai sangat dibutuhkan.

Ruang kerja tidak perlu berada di ruang khusus. Ruang kerja dapat bertempat di pojok ruangan dan tidak selalu dibatasi dengan tembok di keempat sisinya. Penempatan ruang kerja sebaiknya jauh dari potensi gangguan. Potensi gangguan bisa bersumber dari obrolan anggota keluarga yang lain, bau masakan, atau  suara bising dari luar rumah.
Ruang kerja hendaknya jauh dari dapur, tempat yang sering digunakan untuk mengobrol, dan tidak berada di rumah yang berdekatan dengan jalan. Penempatan ruang kerja juga perlu memperhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan. Usahakan ruang kerja tidak berada di tempat dimana angin terlalu banyak berhembus. Begitu pula cahaya matahari tidak langsung menyinari kamar karena berpotensi silau.

Dekorasi ruang kerja dibuat minimalis. Hindari penempatan banyak berkas di atas meja. Banyaknya berkas di atas meja cenderung membebani dan menekan mental. Buat meja terlihat lapang agar tidak membebani pikiran dan mental. Pilih perabotan rumah sesuai kebutuhan dan selera masing-masing. Perlu juga ditambahkan karpet agar tidak terlalu dingin.

Ruang kerja perlu ditambahkan ornamen khusus. Ornamen tersebut antara lain pigura foto, piala, penghargaan, tanaman hidup, wallpaper tembok sesuai selera. Jangan lupa menambah papan kecil atau sterofoam untuk menempel kertas kecil berupa catatan atau target yang harus dipenuhi.

Rangkuman
1. Ruang kerja yang tertata rapi akan meningkatkan semangat kerja.
2. Keberadaan ruang kerja kini semakin dibutuhkan.
3. Penempatan ruang kerja sebaiknya jauh dari potensi gangguan.
4. Dekorasi ruang kerja dibuat minimalis.
5. Ruang kerja perlu ditambahkan ornamen khusus.

Comments

Baca Juga