Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Pemanfaatan Waktu Luang PPG Dalam Jabatan dengan Latihan Soal

Hasil belajar kelompok peserta PPG Dalam Jabatan UAD
Materi kedua di hari ketiga PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Prodi PGSD UAD yaitu pembelajaran tematik. Pembahasan modul tematik dipandu oleh ibu Marta. Seperti biasa Ibu Martha hanya meminta kami untuk berdiskusi tentang materi yang belum jelas. Kami kemudian berdiskusi dan belajar mandiri. Di penghujung hari biasanya ibu Marta masuk ke kelas kembali untuk melakukan refleksi. Refleksi biasanya hanya membahas persoalan yang belum terjawab. Kemudian mendapat umpan balik dari dosen.

Sesi diskusi seringkali menyisakan banyak waktu luang. Begitu pula dengan diskusi modul pembelajaran tematik ini. Diskusi selesai begitu cepat. Waktu luang kebanyakan hanya dihabiskan untuk "ngobrol ngalor-ngidul". Sangat disayangkan kalau 28 hari ke depan hanya diisi dengan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan PPG.

Di tengah keprihatinan itu, ada ide cerdas yang tercetus dari teman-teman kelas B. Salah seorang teman mengusulkan agar menggunakan waktu luang itu untuk membedah kisi-kisi Uji Pengetahuan PPG. Bedah kisi-kisi dikemas dalam bentuk latihan soal. Kisi-kisi ini diperoleh dari website kemristekdikti. Sedang soal-soal latihan diperoleh dari kawan-kawan yang telah mengikuti PPG Dalam Jabatan Tahap 1.


Semua anggota kelas B setuju dengan ide tersebut. Selanjutnya pembahasan teknis tentang penggandaan kisi-kisi dan latihan soal. Alhamdulillah, banyak teman yang antusias untuk membantu. Dengan cepat diperoleh nama-nama yang nantinya mencetak dan menggandakan kisi-kisi dan soal.

Warga kelas B juga sepakat kalau besok pagi diadakan latihan dan pembahasan soal. Latihan dan pembahasan soal dilakukan ketika tugas sudah selesai dan menyisakan waktu luang yang cukup panjang. Waktu-waktu inilah yang digunakan untuk sharing pengetahuan.

Terutama bagaimana cara menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi yang ada di kisi-kisi. Saya optimis kalau kegiatan ini akan berjalan lancar. Karena ada banyak teman yang pandai dan saling melengkapi kekurangan penguasaan materi dari masing-masing peserta.

Jogjakarta, 3 Oktober 2018

Comments

Baca Juga