Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Ternyata Optimasi Instagram itu Mudah!

Putri, seorang ibu rumah tangga sukses mengalirkan uang ke rekening pribadinya. Ibu beranak dua ini menjalankan banyak usaha. Usaha tersebut antara lain pembuatan bros, amplop, jilbab, tanaman dll. Rahasia bisnis sukses mantan karyawan pabrik ini terletak pada optimalisasi Instagram.

Akun instagram yang digunakan sebanyak 12 buah. Akun tersebut diaktifkan semua dengan satu nomor verifikasi dan 12 akun email yang berbeda. Posting produk dilakukan secara rutin. Ketika ada akun yang sedang ramai dikunjungi atau barangnya sedang laku keras, akun tersebut akan dititipkan ke keponakannya. Upahnya pun minimal karena hanya sebatas uang jajan.

Berikut tips yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan instagram sebagai media pemasaran.

1. Foto produk Harus Menarik
Foto yang menarik tidak harus menggunakan perangkat/ kamera yang mahal. Pengambilan foto juga tidak perlu dilakukan di studio. Foto menggunakan HP sudah lebih dari cukup.

Pengambilan gambar harus dilakukan di tempat yang cahayanya baik. Pencahayaan bisa menggunakan cahaya lampu atau matahari. Hindari penggunaan lampu flash. Foto harus menampilkan produk yang dijual, bukan malah difoto dengan objek lain yang tidak ada kaitannya.

2. Caption
Caption merupakan hal nomor dua setelah foto. Karena orang lebih menyukai foto daripada uraian teks yang panjang. Namun caption juga tidak bisa disepelekan begiru saja. Caption harus dibuat sesuai dengan hal yang ada kaitannya dengan foto. Tiga baris pertama menjadi kunci dalam pembuatan caption.

3. Hastag
Hastag terbukti efektif mendatangkan pengikut. Sekali lagi, pembuatan hastag pun tidak asal agar orang yang melihatnya mau menjadi pengikut kita. Hastag yang dibuat sesuai dengan foto yang diupload. Artinya hastag yang dibuat harus ada kaitannya dengan foto yang diupload.

4. Interaksi
Interaksi terbukti mampu membuat postingan berada di deretan atas pada menu pencarian instagram. Interaksi dapat berupa like, komentar atau bookmark. Saking pentingnya menu like, orang menciptakan Panel likes. Panel likes adalah sebuah likes yang jumlahnya bisa diatur karena menggunakan akun robot.

Penggunaan panel likes sebenarnya tidak efektif karena yang menyukai adalah robot. Hal ini juga menyebabkan pemilik akun tidak bisa mengetahui pasti berapa kali interaksi terjadi. Alternatif cara yang aman adalah menggunakan bantuan teman dengan menggelorakan semangat "likes for likes."

Gelora likes for likes dilakukan dengan cara saling likes satu sama lain. Bisa juga dengan menggunakan sistem arisan. Dimana anggota saling likes dan komen di postingan anggota yang lain.

Comments

Baca Juga