Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Prof. Noeng Muhadjir: Ontologi

Cabang-cabang utama filsafat ilmu yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi.

1. Ontologi
Ontologi membahas tentang yang ada, yang tidak terikat oleh suatu perwujudan tertentu. Ontologi berupaya mencari inti yang termuat dalam setiap kenyataan.
Objek formal untuk ontologi adalah hakikat seluruh realitas.

Lorens Bagus memperkenalkan tiga tingkat abstraksi dalam ontologi, yaitu abstraksi fisik,  abstraksi bentuk dan abtraksi metaphisik.
Metode pembuktian dalam antologi oleh aliran sebagus dibedakan menjadi dua yaitu pembuktian apriori dan pembuktian a posteriori.

Ontologi naturalistik lebih berkembang pesat setelah tahun 1960-an. Ontologi ini menolak yang ada yang supernatural, menolak yang mental, dan menolak universal Platonik.

Comments

Baca Juga