Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Rahasia Lulus Pembelajaran Daring PPG Dalam Jabatan

 Tanda Centang pada Brightspace 
Pembelajaran daring PPG Dalam Jabatan walau telah usai ternyata meninggalkan cerita misteri. Cerita ini tentang kelulusan pembelajaran daring PPG dalam jabatan. Pembelajaran daring PPG dalam jabatan yang berlangsung selama berbulan-bulan melalui aplikasi brightspace ini meninggalkan pertanyaan besar, yaitu tentang apa saja hal yang mempengaruhi lulus atau tidaknya peserta PPG Dalam Jabatan moda daring?

Pertanyaan ini muncul di pikiran saya karena ada seorang peserta PPG dalam jabatan mempertanyakan nilai tugas pembelajaran daring masih banyak yang kosong namun dirinya sekarang lulus. Dari berbagai sumber, kosongnya nilai tugas ini bukan karena belum dinilai oleh dosen selaku instruktur. Nilai dari instruktur sudah diupload, hanya saja belum dipublikasikan. Ada satu menu di brightspace yang terlewatkan. Inilah yang mengakibatkan nilai tidak muncul di rapor peserta namun muncul di menu fasilitator dan instruktur.
Namun ada saja orang yang tidak puas dengan penjelasan di atas. Masih saja penasaran kenapa dirinya bisa lulus padahal tugas diskusi tidak ada dan banyak nilai yang belum muncul. Bertanya kesana kemari. Akhirnya terjawab juga.

Salah satu sumber terpercaya mengatakan kalau hanya mengandalkan nilai tugas PPG, bisa diprediksi semua mahasiswa PPG moda daring dari seluruh LPTK di Indonesia tidak lulus. Kelulusan moda daring ditentukan dari keaktifan membuka spada, centang tugas, lamanya online, diskusi, dll. Semua penugasan itu ada bobot persentasenya masing-masing. Jadi tidak hanya tergantung pada diskusi.

Bahkan apabila mengupload pdf tanpa isi pun hasilnya bisa centang alias dianggap sudah mengumpulkan tugas. Karena sistem brightspace hanya mengenali format file tanpa menganalisis isi dalam file tersebut. Hal ini juga pernah dialami oleh teman PPG yang lain. Salah satu teman yang banyak membantu saya ini ketika modul profesional pernah sengaja mengumpulkan kembali tugas yang sama di kegiatan belajar yang lain. Hasilnya adalah diterima oleh sistem dan tetap memperoleh nilai. Padahal tugas yang dikumpulkan tidak sesuai dengan apa yang diperintahkan dalam brightspace.

Berdasarkan uraian di atas, penulis memprediksi bahwa indikator kelulusan  cenderung ditentukan oleh persentase keaktifan peserta dalam membuka brightspace. Persentase tersebut dikonkretkan dalam jumlah tugas yang telah centang dibanding keseluruhan tugas. Jadi tipsnya bagi teman-teman guru yang belum, carilah "centang" sebanyak-banyaknya.

Borobudur, 27 September 2018

Comments

  1. bagaimana jika ada salah satu tes formatif yang tidak mencapai kkm, apakah mempengaruhi kelulusan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes formatif sebenarnya bisa dibuka lagi, alias bisa dikerjakan lagi kalau dibuka oleh admin LPTK. Dibuka lagi dengan pertimbangan memperbaiki nilai.

      terkait formatif mempengaruhi kelulusan atau tidak, tentu berpengaruh. hanya saja bobot dan porsi kelulusan nya saya tidak tahu. Alangkah lebih baikya semuanya dimaksimalkan.

      Delete
  2. Adakah waktu minimal online selama pembelajaran daring?
    Misalnya saja ada seseorang yang nilai daring nya diatas KKM semua, bahkan masuk kategori sangat baik,tetapi waktu online nya hanya sedikit. Apakah bisa mempengaruhi kelulusan daring nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tdk ada penjelasan waktu minimal hrs online. Hanya sj waktu online qt memang terekam. dan setahu sy, semua tugs hrs centang.

      Delete
    2. TUGAS SAYA ADA YG BELUM TERCENTANG SATU GAN... KARNA LEWAT WAKTU,,, SOLUSINYA GMANA YA GAN?

      Delete
    3. Hubungi admin LPTK atau dosen pengampu untuk mohon dibukakan kembali

      Delete
    4. asalamkm,,,
      adakah yang mengalami daring, time spent tidak bertambah pdhl online terus??

      Delete
  3. Bgmn ada tmn yg semua tgsdr mulai formatif, diskusi, tgs akhir dan tes sumatif semuanya nilai muncul diatas kkm 85-100. Akan tetapi tdk lulus. Knp ya ?

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum...
    Maaf mas..mohon infonya..
    Pengalaman PPG 2018 kemarin di UAD, untuk yang bahasa Inggris (SMP) PPL nya di sekolah mitra mana ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Tanya:bagi yg TDK lulus daring apakah kembali freetest atau kembali daring saja.trimksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ini saya tidak tahu... belum pernah mendengar kebijakan bila tidak lulus daring terus bagaimana nasibnya.

      Delete
  6. Tugas video modul 3 pedagogik saya tidak ada, sedangkan teman saya ada..
    Bagaimana itu pak?

    ReplyDelete
  7. Saya memikirkan tes sumatif saya yg modul 1 dan 3 dapat 50%mengulang tidak bisa,KL yg formatif diatas 70 semua

    ReplyDelete
  8. Progress quiz saya 68% saja apakah bisa lulus

    ReplyDelete
  9. Bts wktu tgs akhr hbs. ..gbs dkrm.. Ad solusi?

    ReplyDelete
  10. Mkasi atas kesempatan untuk bertanya,yg menjadi dilema buat saya yaitu bagaiman penilaian dalam daring supaya bisa lulus
    Karena di dalam modul pedagogikku rendah terutama modul 2 dan 3,apakah nilai setiap modul harus memenuhi standar 😭

    ReplyDelete
  11. Bagaimana dengan tes sumatif yg nilainya 73? Apakah berpengaruh pada kelulusan? Nilai kkm daring berapa? Ada yg tau kah pak bu?

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. wow luar biasa. meningkat terus dari tahun ke tahun brrti yaa

      Delete
  13. bgaimana jika ada tugas akhir yang tidak bsa d upload lgi pak, batas wktunya sudah habis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa upload salah satu sebabnya memang karena sudah melewati deadline. Sebenarnya qt masih bs upload lg selama menu upload diaktifkan kembali oleh administrator LPTK (Pengalaman sayaa)

      Delete
    2. assalaamu alaikum.di mana sih kita tahu nilai standar kelulusan daring nya.makdud nya podisi nya

      Delete
    3. Untuk meminta di aktifkan LPTK nya bagaimana caranya?

      Atau apakah ada pemberitahuan jika di aktifkan kembali?

      Delete
    4. Hubungi admin LPTK.. anda jg bisa memohon dibuka kembali dengan menghubungi penanggungjawab PPG di LPTKnya masing2. Biasanya penanggungjawabnya adalah kaprodi. Kaprodi kemudian meminta admin untuk membuka kembali.
      (Bila permohonan dikabulkan)

      Delete
    5. Inti prtanyaan anda apa ya gan?

      Delete
  14. Saya sekarang galau, kemarin tugas akhir nilainya 0 katanya tugasnya identik dengan teman saya, padahal saya buat sendiri, teman saya yang mengutip, sekarang saya harus bagaimana? Apakah akan berpengaruh terhadap kelulusan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg anda alami sama dengan saya,, sekarng saya juga sedng galau.
      Karna nilai tugas akhir sy 0, dngn alasan sama dengn jwbn teman, padahal sy ngerjain sendiri😭

      Delete
  15. Tugas saya banyak yg tdk tuntas apakah sy tdk akan lulus

    ReplyDelete
  16. Apakah nilai 70 formatif masih bisa lanjut ..loka karya trimakasih

    ReplyDelete
  17. KLO BUAT YG TIDAK LULUS DARING GIMANA NASIBNYA??

    ReplyDelete
  18. sudah empat kali ikut tes sumatif tapi ada nilai di tes sumatif saya rendah satu yaitu 70 apakah itu berpengaruh untuk kelulusan pak buk butuh pencerahannhya

    ReplyDelete
  19. Bisa minta medsos yg bisa saya hubungi pak saya ingin diskusi

    ReplyDelete
  20. Jika nilai sumatif ada yang dibawah KKM apakah bisa lulus lanjut up

    ReplyDelete

Post a Comment

Baca Juga