Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Menangani Gangguan Jiwa secara Mandiri Melalui Self Healing

Pahami dirimu melalui komunikasi dalam diri (gambar: google(dot)com
Tidak selamanya gangguan jiwa harus dilarikan ke dokter spesialis jiwa atau rumah sakit jiwa. Penangangan gangguan jiwa ringan dimana penderita masih memiliki kesadaran di ambang kewajaran dapat melakukan penanganan sendiri. Namanya "self healing". Berikut beberapa tindakan self healing yang dapat dilakukan berdasarkan artikel yang ada di majalah Intisari edisi September 2012.

  1. Memiliki daftar sumber-sumber dukungan yang bisa menjadi tempat bercerita dan mengadu ketika tertimpa masalah.
  2. Memiliki daftar aktivitas yang bisa membangkitkan semangat kita bila sedang di dera depresi. Bisa dimulai dari hal sederhana seperti menarik napas dalam-dalam mendengarkan musik ataupun berolahraga.
  3. Menjadi self reseacher. kita harus peduli pada diri sendiri misalnya kita tahu kondisi apa saja yang sangat mungkin membuat depresi dan menyiapkan cara menghindari atau menghadapinya.
  4. Semaksimal mungkin berbagi kebaikan dengan orang lain karena dapat membuat diri kita tetap merasa berguna (karena dalam kondisi depresi biasanya individu merasa tidak berguna).
  5. Biasakan berpikir positif. Pikiran mempengaruhi jaringan saraf begitu kita katakan "Saya sehat" jaringan syaraf itu pun akan bekerja. Ia menggerakan efek imunologi lalu mempengaruhi dinamika hormonal sehingga kerja produktif yang menjadi stabil. Ya, Anda adalah apa yang anda pikirkan.

Ada hal yang perlu diingat pada poin nomor dua, hendaknya aktivitas yang dipilih adalah aktivitas yang tidak membebani keuangan atau orang lain. Bukan pula pencapaian atas suatu hal. Aktivitas yang dapat meningkatkan semangat jangan "mendapatkan piala kejuaraan". Karena aktivitas memperoleh juara ini tidak mesti bisa diraih setiap saat. Cari aktivitas lain seperti mengunjungi perpustakaan, membaca buku, mendengarkan musik, atau lainnya sesuai dengan karakter anda.

Borobudur, 14 September 2018

Comments

Baca Juga