Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Tujuan dan Bentuk Pelatihan Indonesia Teaching Fellows


Dari ratusan pemerintah kabupaten/ kota yang bekerja sama dengan ruangguru, hanya 15 kabupaten kota yang diberikan pelatihan Indonesia Teaching Fellows. Indonesia Teaching Fellows adalah pelatihan online bagi guru yang dilaksanakan selama 1 tahun. Pelatihan ini gratis. Yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas guru melalui peran guru sebagai fasilitator dan katalisator.

Guru sebagai fasilitator diartikan guru yang mampu merancang keseluruhan pembelajaran, bukan hanya mengajar. Guru bukan juga satu-satunya sumber ilmu. Guru yang berperan sebagai fasilitator menjadikan siswa sebagai pusat dalam kegiatan belajar mengajar.

Guru sebagai katalisator berarti guru yang menjadi agen perubahan dan motivator dalam memajukan pendidikan Indonesia. Peran guru sebagai katalisator ini sangatlah penting. Karena kalau pendidikan Indonesia masih seperti ini, Indonesia butuh 128 tahun untuk mengejar ketertinggalan dari negara OECD. Pernyataan ini berasal dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard.

Dalan rangka mewujudkan tujuan  tersebut, guru yang terpilih dalam Indonesia Teaching Fellows mendapat materi pedagogik dan profesional. Materi tersebut dikemas dalam aplikasi ruangguru dan USB Ruangguru On-The-Go. Menu yang dapat dipilih berupa video belajar pedagogik, group chat belajar, kuis-try out- pembahasan soal.

Rangkaian kegiatan Indonesia Teaching Fellows selama satu tahun meliputi kegiatan seleksi. Kegiatan motivasi berupa persiapan pelatihan selama 1minggu. Kegiatan pedagogi, meliputi sosialisasi awal tatap muka selama 3 jam. Kegiatan penguasaan materi melalui pelatihan inti secara online selama 12 bulan. Sembari monitoring evaluasi secara online selama 12 bulan. Terakhir penutupan secara online selama sehari.

Mertoyudan, 4 September 2018

Comments

Baca Juga