Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Keuntungan Mengikuti Indonesia Teaching Fellows dari Ruangguru dan Persada


Penugasan yang saya dapatkan kali ini adalah mewakili ibu kepala sekolah pada rapat koordinasi ruang guru di SMPN 2 Mertoyudan. Rapat koordinasi ini diikuti oleh kepala sekolah dimana anak buahnya ada yang terpilih dan lolos seleksi program Indonesia Teaching Fellows. Di setiap sekolah yang lolos jumlahnya bervariasi. Guru yang lolos ada satu, dua bahkan empat.

Kepala sekolah dikumpulkan disini dalam rangka sosialisasi program Indonesia Teaching Fellows yang diselenggarakan oleh ruangguru. Pihak ruangguru menjelaskan bahwa kepala sekolah yang hadir disini sangatlah beruntung. Karena guru yang mereka bina ada yang berhasil lolos seleksi program ini. Penyeleksiannya berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang diberikan ketika mengisi formulir pendaftaran. Guru yang lolos nantinya akan memperoleh pelatihan Indonesia Teaching Fellows selama 1 tahun. Biayanya gratis.

Banyak kepala sekolah yang menanyakan legalitas kegiatan ini. Pihak ruangguru menjelaskan bahwa ruangguru sudah bekerja sama dengan 32 pemerintah provinsi, 325 pemerintah kabupaten/ kota, empat organisasi profesi guru dan sudah dinikmati oleh delapan juta pengguna (dari sd, smp, sma dan guru). Dari banyaknya pemerintah daerah yang telah bekerja sama, hanya 15 kabupaten kota yang memperoleh kesempatan Indonesia Teaching Fellows.

Indonesia Teaching Fellows dalam melatih para guru menggunakan aplikasi ruangguru. Dalam aplikasi ruangguru telah disediakan materi pedagogik. Materi pedagogik ini dirangkum dalam kurikulum kependidikan yang sesuai dengan kebutuhan guru zaman sekarang.

Ruangguru juga telah menyediakan USB Ruangguru On-The-Go yang berisi data aplikasi ruang guru. USB Ruangguru On-The-Go ini dioperasikan melalui smartphone yang telah terinstal aplikasi ruangguru. Manfaatnya, para guru yang mengikuti pelatihan tidak memerlukan kuota internet apabila ingin melihat materi video yang ada di aplikasi ruangguru.

Saya pribadi menilai program Indonesia Teaching Fellows patut diikuti oleh para guru. Karena nantinya setiap guru yang mengikuti pelatihan ini akan diberikan akses ke aplikasi ruangguru secara gratis. Bahkan diberikan USB Ruangguru On-The-Go secara cuma-cuma.

Mertoyudan, 3 September 2018

Comments

Baca Juga