Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Manfaatkan Windows Recovery Untuk Melawan Virus atau Malware

Kali ini saya berbagi pengalaman penting. Pengalaman ini berguna sekali bagi orang-orang yang pekerjaannya dekat dengan perangkat komputer atau laptop. Cerita ini berawal tadi malam ketika saya memperbaiki game “mengenal suara hewan” yang khusus saya buat untuk anak saya. Ketika proses perbaikan selesai, akhirnya aku mencoba menghostingkannya di hosting gratisan. Proses ini aku lakukan dengan filezilla yang baru saja saya download. Ini kali pertama saya install dan menggunakan filezilla.

Proses upload html 5 ini ternyata cukup lama. Sebab, modem yang saya gunakan tidak mampu menangkap sinyal jaringan 4G. Waktu berjalan terasa begitu cepat. Tiba-tiba waktu sudah menunjukkan pukul 05.00 WIB. Laptopku dalam kondisi sleep dan modem masih terpasang. Artinya jaringan internet tersambung semalam suntuk. Setelah menyelesaikan kewajiban shalat Shubuh, aku mencoba untuk menghidupkan laptopku lagi. Kondisi laptopku menjadi seperti ini:

1.    Proses booting laptop lama
2.    Tampilan laptop terasa berat
3.    Ketika dimatikan ternyata ada 52 proses instal program yang tidak diketahui
4.    Software browser default (Firefox) membuka tampilan sendiri dengan interval satu menit 10 tab baru
5.    Proses task manager terlihat adanya banyak proses yang berasal dari software tidak jelas
6.    Membuka menu program dan feature di control panel terasa lambat, bahkan tidak bisa mengunsinstall program aplikasi tidak jelas ini
7.    Ketika membuka program file di hardisk C, terlihat folder induk aplikasi tidak jelas itu
8.    Aplikasi tidak jelas ini ketika terhubung internet akan bertambah semakin banyak (kasus saya ini sampai 52 program)

Seharian waktu libur Imlek ku habis untuk mencari tahu kenapa ini bisa terjadi dan bagaimana solusinya. Forum internet aku buka. Kebanyakan menuliskan solusinya dengan menginstall anti malware. Aku lalu mencobanya. Aku scan seluruh file di laptop. Namun hasilnya sama saja. Ketika hari sudah sore, aku baru teringat kalau windows 7, 8 dan 10 memiliki fitur istimewa. Fitur yang dapat memperbaiki dirinya sendiri. Langkah-langkah yang aku lakukan adalah sebagai berikut:

1.    Membuka Start – all program – accesories – system tools – System Restore














2.    Pilih choose a different point restore point klik next

 

3.    Pilih point restore yang waktunya sebelum laptop terkena virus

4.    Klik next dan otomatis windows akan memperbaiki dirinya sendiri

Pengalaman ini menjadi pelajaran berharga. Menghemat biaya dan waktu. Proses restorenya tidak sampai satu jam. jadi, tidak perlu takut kalau malware atau virus menyerang. Karena kita bisa memperbaikinya dengan mudah. Memanfaatkan kemampuan windows memperbaiki dirinya sendiri. Terakhir, istimewanya adalah tidak menghapus data yang ada di laptop.

Borobudur 16 Februari 2018

Comments

Baca Juga