Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Pengalaman Recovery Hardisk di DR. Hardisk Jogja

Kartu nama DR. Hardisk Jogja
Postingan ini bukan “endorse”, bukan pula pesanan dari pihak tertentu. Tentu di era digital seperti sekarang ini, ulasan di media internet (baik itu di blog, web maupun google maps) menjadi sesuatu yang lebih mahal daripada selembar uang rupiah berwarna Biru. Postingan ini dibuat sebagai wujud terima kasih saya kepada Mas Ronald dari DR. Hardisk Jogja. DR. Hardisk berhasil merecovery hardisk eksternal (Selanjutnya disingkat HDD Ext) saya dengan sangat profesional. Mulai dari tidak adanya DP/ uang muka ketika servis sampai biaya akhir yang sangat murah.

Kerusakan Hardisk Eksternal saya
Cerita pertemuan saya dengan DR. Hardisk ini berawal ketika hardisk eksternal merk T*shib* dengan kapasitas 1 TB milik saya tidak terdeteksi di komputer. Sebelum benar-benar tidak terdeteksi, sebenarnya HDD Ext masih bisa terdeteksi dengan mencabut/ mencolokkan secara berulang-ulang. Pada saat tidak terdeteksi ini saya mencari referensi tindakan yang ada di internet. Berdasarkan literasi di dunia maya ini, diketahui bahwa hardisk saya mengalami kerusakan MBR. Cirinya tidak terdeteksi, namun terlihat di disk management dengan status “unloccated”. Sepanjang dua hari dua malam saya mendownload berbagai macam software untuk membangun ulang MBR yang rusak ini. Ditambah mencoba software recovery. Namun semuanya tidak membuahkan hasil.

Akhirnya saya kelelahan baik secara mental maupun fisik untuk memperbaiki HDD Ext ini. Pusing rasanya ketika teringat banyak kenangan foto yang tersimpan di HDD Ext ini. Setelah semalaman tidak tidur, keesokan harinya saya memeriksakan HDD Ext ini ke tukang servis komputer di dekat rumah saya. Ia mendiagnosa kalau hardisk saya mengalami kerusakan hardware, bukan software. Sehingga Ia menyatakan tidak sanggup untuk memperbaiki HDD Ext ini. tambah pusing kepala saya.

Naluri membawaku untuk browsing informasi mengenai jasa recovery hardisk yang ada di Jogja. Ada banyak pilihan. Ada yang mahal, ada juga cerita pengalaman di kaskus yang tertipu dengan modus jasa recovery hardisk. Modus penipuan berupa meminta uang muka ketika menyerahkan hardisk kita yang rusak. Namun setelah waktu yang dijanjikan, hardisk tak kunjung selesai di servis. Pun ketika hardisk diminta, uang muka tidak dikembalikan. Padahal data yang ada di dalam hardisk cukup menjadi jaminan yang dapat menggantikan uang muka. Sehingga pelajaran pertama yang bisa dipetik ketika menservis hardisk atau media simpan lainnya adalah jangan mau ketika dimintai uang muka.

Browsingku kali ini mengarahkanku pada tiga pilihan tempat. Tiga pilihan tempat ini sempat saya mintai pendapat dari orang-orang dengan mempostingnya di grup fb Info Cegatan Jogja. Dari survey sederhana ini hanya ada dua nama tempat yang direkomendasikan. Yang satu yang mahal tadi dan satunya DR. Hardisk. Saran ini saya tindak lanjuti dengan mengirim pesan ke akun-akun yang merekomendasikan dua tempat ini. Pada akhirnya saya memutuskan untuk menyerahkan HDD Ext saya ke DR. Hardisk.

Saya memilih DR. Hardisk karena:
1.Membuka tempat servis di daerah strategis, Jalan Kaliurang depan kampus MM UGM (tempat dimana sewa rukonya mahal, dari tempat ini saya menilai bahwa pemiliknya benar-benar ahli dalam merecovery, kalau tidak ahli pasti tidak akan berani membuka tempat servis di daerah strategis ini)
2.Tidak dimintai uang muka.
3.Hardisk diperiksa di depan pelanggan dan dijelaskan kemungkinan kerusakan
4.Sebelum ada persetujuan servis, ada estimasi biaya yang dibutuhkan untuk merecovery data atau servis Hardisknya. Selain itu ada informasi mengenai jumlah data yang bisa diselamatkan.
5.Terlihat keahlian di bidang recovery data dan kejujuran dari pemilik DR. Hardisk
SMS hasil analisis kerusakan

Proses Pengerjaan
Sabtu, 24 Februari 2018 saya menyerahkan hardisk eksternal ke DR. Hardisk.
Senin, 26 Februari 2018 DR. Hardisk mengirim SMS mengenai detail kerusakan, isi data yang dapat diselamatkan dan biaya pengerjaan
Rabu, 28 Februari 2018 saya menyerahkan media penyimpanan untuk memindahkan data dari hardisk yang rusak
Jumat, 2 Maret 2018 DR. Hardisk mengirim SMS bahwa proses recovery data telah berhasil dilakukan
Jumat, 9 Maret 2018 Saya mengambil hasil recovery dan membayar biaya sesuai dengan biaya yang telah disepakati saat penyerahan HDD Ext yang rusak.
Informasi telah berhasil direcovery


Analisa DR. Hardisk
Hardisk saya mengalami kerusakan karena usianya yang sudah tua. HDD Ext ini saya beli pada tahun 2013 dengan tahun pembuatan 2012. Ketika saya konsultasikan ke DR Hardisk, sebenarnya merk HDD Ext saya bagus. Hanya saja karena sudah tua, terjadi kerusakan di bagian piringan hardisk. Sehingga HDD Ext saya hanya bisa direcovery namun tidak dapat dipakai lagi. Otomatis saya harus mencari media penyimpanan lain. Namun menurut DR. Hardisk kerusakan ini masih mendingan, daripada rusak di bagian pembaca data.

Saya juga sempat berkonsultasi tentang merk HDD Ext yang bagus. Konsultasi ini penting karena saya membutuhkan media penyimpanan baru untuk menampung hasil recovery data dari HDD Ext yang rusak. DR. Hardisk menyarankan merk W* baru kemudian T*shib*. Setelah browsing, ternyata W* merupakan perusahaan yang sedang naik daun dan fokus pada pengembangan media simpan komputer.
Total Biaya di DR. Hardisk Jogja

Biaya
Pengerjaan recovery HDD Ext saya ini hanya membutuhkan biaya Rp 400.000. Biaya ini ditentukan berdasarkan jenis kerusakan. Bukan pada kapasitas HDD Ext yang rusak. Ini yang menarik bagi saya, karena kebanyakan jasa recovery, biayanya didasarkan pada kapasitas HDD Ext yang diservis. Tidak peduli berapa jumlah data yang direcovery. Silahkan bandingkan tarif harga yang ada, kebanyakan servis HDD Ext berkapasitas 1 TB seperti saya ini membutuhkan biaya minimal 1,2 juta belum dengan media penyimpanan baru yang digunakan untuk menyalin data dari HDD yang rusak.

Di DR. Hardisk ini dengan uang 1,2 juta sudah memperoleh hardisk eksternal baru bermerk W* dengan kapasitas 1 TB . Oh iya, media penyimpanan baru ini tidak harus beli di DR. Hardisk, bisa beli di tempat lain. Bisa juga membawa dari rumah berupa HDD Ext ataupun Laptop. Namun kalau menggunakan laptop untuk menyimpan data pindahan, harus ditinggal karena membutuhkan waktu untuk menyalin data dari HDD Ext yang rusak. Ini pengalaman saya servis HDD di DR. Hardisk Jogja, depan MM UGM. Terima kasih mas Ronald, kembangkan terus keahlian recovery data. Banyak orang membutuhkan jasa recovery seperti ini. Sukses untuk kita semua.

Borobudur, 9 Maret 2018

Comments

  1. muantap gan, ane jadi kepincut tuk service hdd internal yang lagi sekarat.
    terima kasih atas review nya. sukses selalu gan.

    ReplyDelete
  2. gak seag** ya rekomendasi dr. W* dan tosh*** ya. makasih info mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, walau kayaknya dia jg nggak diendorse sm merk2 yg direkomendasikan

      Delete
  3. Skrg pake uang muka dan berdasarkan kapasitas 😐😥

    ReplyDelete

Post a Comment

Baca Juga