Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Orang Efisien Tentu Sukses, Orang Sukses Harus Efisien

Allah SWT Maha Adil. Dia memberikan jatah waktu yang sama ke setiap makhluknya, yaitu 24 jam sehari. Namun dalam waktu 24 jam itu ada yang bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya namun ada juga yang tidak.

Ada yang merasa waktu 24 jam sehari kurang bagi dirinya. Kekurangan waktu ini sering diekspresikan dengan istilah "Tugas Lebih Banyak daripada Waktu yang Tersedia". Apabila manusia menyadari akan tugas-tugasnya, maka akan diketemukan bahwa tugas manusia mencakup berbagai sendi kehidupan. Tugas tersebut mulai dari tugas di rumah, tugas di tempat kerja, bahkan tugas sebagai seorang hamba Tuhan.

Namun ada juga manusia yang tidak sadar akan tugas-tugas itu. Waktunya dalam sehari dihabiskan untuk tidur, makan, minum atau kegiatan lain yang kurang produktif. Pada manusia seperti ini lah waktu seolah-olah sangatlah banyak.

Lantas, siapa orang yang sukses itu? Jawabanya tentu orang yang paling produktif. Produktifitas ternyata bukan ditentukan oleh jatah waktu. Karena banyak tokoh-tokoh besar yang mampu meraih sukses di masa muda. Sehingga produktifitas itu lebih ditentukan oleh pemanfaatan waktu yang sebaik-baiknya.

Semakin baik penggunaan waktu, semakin produktif orang tersebut. Kemudian muncul rumus derajat kesuksesan seseorang, yaitu banyaknya hasil (produktifitas) dibagi dengan sumber daya yang digunakan (Sumber daya ini bisa berbentuk waktu, tenaga atau potensi lainnya).

Inilah yang dinamakan rumus efisiensi. Sehingga dapat dijabarkan bahwa efisien adalah memperoleh hasil sebanyak-banyaknya dengan sumber daya seminim mungkin.

Jadi betul kata The Liang Gie (2003:8), bahwa:
"Orang efisien tentu sukses.
Orang sukes harus efisien".

Daftar Pustaka: The Liang Gie, Efisiensi Untuk Meraih Sukses, Edisi Pertama, 2003.

Comments

Baca Juga