Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Memanfaatkan Tenggat Waktu atau Deadline

Tujuan harus memiliki jangka waktu. Jangka waktu ini diwujudkan dalam bentuk tenggat waktu (deadline). Penetapan deadline perlu dilakukan untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan apa yang telah direncanakan. Seringkali jika tidak ada deadline, kita cenderung berleha-leha. Leha-leha tidak segera menunaikan tugas kita.

Contoh kasus yang sering saya alami adalah terkait penugasan Pekerjaan Rumah (PR) untuk murid-murid. Ketika memberikan tugas berupa PR saya pasti memberikan tenggat waktu kapan tugas ini harus selesai. Kadang satu hari bahkan sampai tiga hari. Saya banyak menemui kejadian dimana siswa mengerjakan di ruang kelas ketika hati terakhir pengumpulan. Melihat kejadian ini saya kemudian membayangkan bagaimana jadinya kalau tidak ada tenggat waktu. Akankah siswa-siswa ini akan tetap mengerjakan?

Begitu pula dengan kita yang sudah bekerja. Atasan atau bos kita sering memberikan tugas kepada kita. Namun seandainya bos kita tidak pernah memberikan arahan terkait kapan tugas ini akan diselesaikan apakah kita dapat mengerjakan tugas ini sesuai dengan harapan atasan kita? Saya memperkirakan kalau tugas ini tidak akan selesai. Karena kebanyakan dari kita akan lebih memprioritaskan tugas atau pekerjaan yang tenggat waktunya jelas dan yang sudah mepet.

Contoh di atas menjadi pelajaran bagi kita. Ternyata batasan waktu(deadline) memiliki efek yang positif.  Karena deadline dapat meningkatkan motivasi untuk menyelesaikan suatu tugas pekerjaan atau rencana. Inilah fungsi deadline dalam mengefektifkan dan mengefisiensikan pengerjaan tugas pekerjaan. Jadi ada baiknya menetapkan tenggat waktu secara mandiri apabila tugas yang dihadapi tidak disertai batasan waktu pengerjaan yang jelas.

Borobudur, 28 April 2018

Comments

Baca Juga