Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Penempatan PPL PPG di SD Muhammadiyah Kadisoka

Pembekalan PPL PPG Daljab di Kampus 2 UAD
Kejutan pagi ini dipicu pengumuman ploting Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk peserta PPG Dalam Jabatan Universitas Ahmad Dahlan. Saya mendapat sekolah PPL di SDMuhammadiyah Kadisoka Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Banyak yang mengatakan bahwa SD Muhammadiyah Kadisoka merupakan salah satu SD unggul Muhammadiyah di Yogyakarta.

Tak perlu lama untuk membuktikan SD Muhammadiyah Kadisoka adalah sekolah yang baik. Hanya selang beberapa menit setelah saya  memasang "screenshot" surat ploting PPL ini banyak komentar yang masuk. Kebanyakan chat yang masuk isinya, "salam untuk bu Eny ya". Bu Eny yang bernama lengkap Eny Norhayati adalah salah satu guru di SD Muhammadiyah Kadisoka.

Setelah chat dengan beberapa orang dan diskusi di grup WA "Semnas 2 Jogja" diketahui bahwa Bu Eny adalah guru yang luar biasa. Beliau selain menjadi guru juga penulis buku yang berprestasi di tingkat nasional. Tentu beliau telah malang melintang di berbagai forum perlombaan yang diselenggarakan oleh Kemdikbud.

Kawan-kawan saya kebanyakan pernah bersama beliau di berbagai ajang. Misalnya di forum diseminasi literasi Kemdikbud, Perlombaan Inovasi Pembelajaran Kemdikbud, pemilihan Guru Berprestasi Tingkat Nasional, dlsb. Konon katanya beliau juga pernah dikirim Kemdikbud ke Turki.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, bu Eny mengoleksi berbagai macam prestasi. Prestasi yang diraih oleh Bu Eny antara lain juara ketiga Guru Berprestasi Tingkat Nasional Kemdikbud tahun 2015. Juara Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) bidang MIPA Kemdikbud tahun 2016. Informasi tentang prestasi beliau ini bisa benar, bisa salah, bisa juga kurang tepat. Karena saya belum mengkonfirmasinya secara langsung.

Hanya saja, ada kesan yang pasti dari beliau. Cerita ini dari salah satu guru dari Bantul yang pernah bersama beliau maju di pemilihan guru berprestasi tingkat provinsi DIY. Berkas Bu Eny ketika mengikuti  pemilihan guru berprestasi banyaknya sampai tiga kontainer. Kontainer yang dimaksud berupa wadah plastik besar. Isi wadah ini kebanyakan adalah berkas, buku dan penelitian hasil tindakan kelas.

Ada sebuah pesan penting di WA ketika membicarakan prestasi bu Eny. Pesan dari Mas Eka Yudha ini berisi "Manfaatkan momen ppl ini sebaik2nya selain memenuhi tugas kampus, pengembangan jaringan juga kan basicmu jg sm2 muhammadiyah". Terima kasih untuk pak Dikdo dan tim PPL UAD yang telah memberikan kesempatan yang langka dan luar biasa ini.

Rabu, 31 Oktober 2018

Comments

Baca Juga