Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Presentasi Lembar Kerja Peserta Didik

Lembar Kerja Peserta Didik Mahasiswa PPG
Presentasi telah usai. Yang tadinya kukira presentasi tugas workshop secara keseluruhan ternyata hanya mempresentasikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Ku kira juga hanya perwakilan kelompok yang maju ke depan kelas. Ternyata semua peserta harus mempresentasikan LKPD-nya.

Peserta maju satu-satu secara sukarela. Tidak ada paksaan antara kami ataupun dosen pendamping. Dosen yang mendampingi kelas B adalah ibu Sri Hartini, koordinator PPG UAD. Secara umum presentasi berjalan lancar walau mendapatkan saran dan kritik dari dosen.

Saya menjadi penyaji yang kelima. Aku maju alasannya lebih pada keinginan menuntaskan tugas  lebih  awal. Harapannya hari ini bisa lebih santai, tidak ada tanggungan tugas. Mengingat tadi malam kejatah lembur untuk menyelesaikan tugas PPG.

Selain itu, tadi malam ketika semua tugas PPG telah selesai dan siap untuk tidur, si kecil malah bangun. Hasrat ingin tidur ku tahan sekuat tenaga, aku tak ingin membangunkan istri. Karena kalau bangun ada resiko besar yang harus ku tanggung. Inilah perjuangan orang tua menahan diri dari tidur.

Alasan-alasan itu membawaku maju di depan peserta PPG Dalam Jabatan. Setelah salam dan syukur, saya tunjukkan LKPD yang sudah dibuat. Ku gebrak forum dengan pengungkapan bahwa LKPD ini dibuat menggunakan Corel Draw X6. LKPD yang ku buat jumlahnya ada tujuh lembar. Satu lembar cover, satu lembar kunci jawaban. Sisanya LKPD yang berisi tugas yang harus diselesaikan siswa.

Presentasi usai. Saya hanya butuh waktu sebentar. Perkirakan waktu seperti perjalanan dari kantin ke kelas yang jaraknya 20an meter. Tiap lembar LKPD dikritisi oleh ibu dosen. Mulai dari penyederhanaan tugas dan penambahan keterangan gambar agar tidak multitafsir.

Di tengah kritikan itu terselip juga pujian untuk karya LKPD ku. Sudah good looking katanya. Ku lirik juga lembar penilaian ibu dosen, hmm, mayoritas angka tiga dengan beberapa skor angka empat. Alhamdulillah.

Yogyakarta, 16 Oktober 2018

DOWNLOAD LKPD DISINI

Comments

Baca Juga