Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Wujudkan Sekolah Berbudaya Lingkungan, DLH Sosialisasi Adiwiyata ke Warga SDN Borobudur 1


rahmahuda.blogspot.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang dan SDN Borobudur 1 menyelenggarakan sosialisasi sekolah adiwiyata, Jumat (26/04/2019). Sosialisasi Adiwiyata yang digelar di aula SDN Borobudur 1 itu dihadiri Sekretaris DLH Kab. Magelang, Pejabat struktural dan fungsional DLH Kab. Magelang, Komandan Koramil Borobudur, Kepala UPT Disdikbud Kec. Borobudur. Peserta yang hadir meliputi guru-guru SDN Borobudur 1, Komite SDN Borobudur, dan perwakilan paguyuban wali murid.

Kepala SDN Borobudur 1, Ninik Supriyati Tiyas Winarsih, S.Pd. dalam sambutannya mengatakan SDN Borobudur 1 ditunjuk sebagai calon sekolah adiwiyata oleh UPT Disdikbud Kec. Borobudur sekitar tiga bulan yang lalu.

"Penunjukkan SDN Borobudur 1 sebagai embrio sekolah adiwiyata merupakan kehormatan sekaligus tantangan. Selanjutnya pihak SD selalu berkoordinasi dengan DLH. Alhamdulillah, kami sudah tiga kali mengikuti workshop sekolah adiwiyata di DLH Kabupaten Magelang," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DLH Kabupaten Magelang, Drs. Joko sudibyo, M.T. mengatakan, program sekolah adiwiyata merupakan program nasional. Sehingga pelaksanaan sekolah adiwiyata di SDN Borobudur 1 merupakan tindak lanjut dari instruksi Bapak Bupati.

“Ada empat komponen dalam program Adiwiyata. Yakni, kebjiakan berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengolahan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan,” tegasnya.

Ia menjelaskan, Adiwiyata bukan lomba. Namun program yang merubah pola pokir dan perilaku warga sekolah. Mulai dari guru, wali murid, komite, kantin, dan semua yang ada disini [semua yang ada di sekolah].

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan hingga siang hari ini menghadirkan dua narasumber yaitu Sekretaris DLH dan pemerhati sekolah, Lestari, S.Pd. Selain itu tindak lanjut sosialisasi ini adalah pembentukan tim inti sekolah adiwiyata. (Rahma Huda Putranto)

Comments

Baca Juga