Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Update Windows 10 untuk Mendapatkan Mix Reality Viewer

Saya telah berhasil menginstall windows 10 beberapa hari yang lalu. Tampilan windows 10 tampak lebih modern. Windows 10 pun terasa lebih powerfull karena disertai software bawaan yang berbeda. Salah satu software bawaan windows 10 adalah Paint 3D.

Paint 3D yang ada dalam installan windows 10 milikku ini mirip dengan tampilan Paint 3D milik seorang teman. Sebelumnya, teman saya pernah menunjukkan kepada saya hasil karya 3D-nya yang dapat terintegrasi dengan webcam. Sehingga karya 3D-nya seolah berada di sekitar kita. Hanya saja, saya tidak dapat menemukan menu dimana objek hasil paint 3D dapat diintegrasikan dengan keadaan sekitar di paint 3D milik saya.

Saya terus mencari keberadaan menu yang bisa mengintegrasikan objek 3D dengan keadaan sekitar. Ku buka satu persatu menu di Paint 3D milikku. Namun tak juga ku temukan. Akhirnya aku menyerah.

Keesokan harinya, saya mendapat kiriman berupa screenshoot dari Pak Sigid, admin grup TOT Tahap 6. Screenshoot ini berisi versi windows 10 yang dipersyaratkan untuk kegiatan TOT besok. Kemudian aku perbandingkan dengan versi windows 10 milikku. Ternyata berbeda. Aku menduga perbedaan versi ini yang menyebabkan Paint 3D ku tidak ada menu integrasi dengan keadaan sekitar.

Windows 10 milik saya langsung saya update. Update menggunakan menu windows update setting. Proses update nya lama sekali. Bahkan proses downloading update sering kali berhenti di angka 99%.
Saya teringat pada proses update yang ditunjukkan teman saya beberapa waktu yang lalu. Tampilannya berbeda. Ku cari informasi lewat google. Kuperoleh software resmi dari microsoft yang bernama windows 10 upgrade assistant. Setelah diaktifkan, tampilannya sama dengan proses update yang dilakukan oleh teman saya. Proses update menggunakan software ini ternyata lama juga.

Setelah berhasil update windows 10 ke versi yang terbaru, ada software bawaan yang baru lagi. Namanya adalah Mix Reality Viewer. Software tambahan ini lah yang dapat mengintegrasikan obyek 3D hasil dari Paint 3D dengan dunia nyata yang tertangkap melalui webcam. Jadi, kalau ingin mendapatkan software Paint 3D beserta penampilnya, silahkan install windows 10 dengan versi yang paling baru.

Borobudur, 22 Maret 2018

Comments

Baca Juga