Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Empat Dimensi Pengetahuan Kaitannya dalam Menyusun Materi dan Soal Evaluasi

Dimensi (pexels)
Sebenarnya hanya ada empat dimensi pengetahuan yaitu, fakta, konsep, prosedural, dan meta kognisi. Keempat hal ini apabila dipahami akan memudahkan kita dalam membuat dan mengerjakan soal. Tidak hanya itu, pemahaman tentang keempat hal ini mempermudah dalam menyusun muatan pembelajaran.

Berikut penjelasan singkat mengenai jenis pembelajaran:

1. Faktual
Fakta mencakup ruang dan waktu yang sudah jelas keberadaannya. Contoh soal yang berkaitan dengan fakta:
Dimana dan kapan terjadinya pertempuran perebutan Jogja kembali?

2. Konseptual
Konsep merupakan gabungan dari beberapa fakta. Sehingga seringkali berbentuk rumus atau definisi.
Contoh soal:
Apakah yang dimaksud dengan otonomi daerah?

3. Prosedural
Prosedural lebih pada suatu pekerjaan yang sifatnya how to atau cara/ metode.
Contoh soal:
Bagaimana langkah-langkah melakukan wawancara?

4. Metakognisi
Metakognisi biasanya berbentuk kesadaran apa yang diketahui dan yang tidak diketahui.
Contoh soal:
Tuliskan apa yang sudah anda ketahui dari materi pembelajaran IPA tadi?

Inilah keempat dimensi pengetahuan. Dimensi pengetahuan ini menjadi akar dari suatu materi pelajaran. Sehingga dapat membantu dalam menyusun materi ajar, pembuatan dan penyelesaian soal evaluasi.

Rabu, 24 Oktober 2018

Comments

Baca Juga