Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Keunggulan PPL PPG Dalam Jabatan UAD

Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Koordinator PPG UAD ketika Orientasi Akademik menjelaskan bahwa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tidak dilaksanakan di sekolah asal. Peserta yang hadir menanggapi hal ini dengan berbagai macam ekspresi. Ada yang kaget, kecewa dan yang bersikap biasa saja juga banyak. Namun ekspresi kekecewaan sangat terasa ketika banyak peserta yang mengungkapkan secara lirih.

Ekspresi kecewa sebenarnya bagian dari kekagetan yang sifatnya sesaat. Karena banyak peserta yang sudah mengetahui bahwa teman-temannya yang ikut PPG Dalam Jabatan tahap 1 melaksanakan PPL di sekolah asal. Kebijakan PPL memang diserahkan ke masing-masing LPTK.

LPTK yang tidak sanggup mencari sekolah untuk PPL maka peserta PPG Dalam Jabatan kembali ke sekolah asal. Namun apabila sanggup mencari sekolah untuk PPL, PPL dapat dilaksanakan di sekolah mitra LPTK. Ketidaksanggupan LPTK mencari sekolah untuk PPL umumnya disebabkan karena jumlah peserta PPG Dalam Jabatan yang sangat banyak.

Contohnya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang mendapat kuota peserta PPG Dalam Jabatan sebanyak 1500an orang. Mengingat banyaknya peserta dan tidak sebanding dengan sekolah mitra maka UNY memberikan kebijakan untuk melaksanakan PPL di sekolah asal. Kegiatan PPL di sekolah asal tetap dipantau menggunakan fasilitas portal brightspace. Dimana penugasan, pelaporan dan video mengajar harus diupload melalui portal ini.

Program studi PPG Dalam Jabatan UAD mengeluarkan kebijakan bahwa PPL bagi peserta PPG Dalam Jabatan akan dilaksanakan di sekolah mitra UAD. Satu sekolah mitra akan diisi sekitar delapan peserta PPG Dalam Jabatan. Universitas Ahmad Dahlan tidak sembarangan dalam menentukan sekolah untuk PPL bagi peserta PPG Dalam Jabatan.

Syarat agar sekolah dapat dijadikan sekolah mitra untuk PPL peserta PPG Dalam Jabatan UAD adalah:
1. Sekolah terakreditasi A
2. Sekolah telah melakukan MoU dengan UAD
3. Memiliki yang telah bersertifikat pendidik
4. Guru pamong telah bersertifikat menguji PPG
5. Sertifikat penguji diperoleh dari workshop yang telah diselenggarakan oleh Pemerintah melalui LPTK

Berdasarkan syarat di atas terlihat bahwa UAD ingin memberikan pengalaman terbaik kepada peserta PPG. Harapannya peserta PPG Dalam Jabatan dapat menggali ilmu dari keunggulan yang dimiliki oleh sekolah mitra. Selain itu, PPL di sekolah mitra UAD juga mempermudah mobilisasi dosen pembimbing PPL dan guru pamong. Selain itu untuk memudahkan ujian kinerja dimana guru dan dosen penilai berasal dari sekolah lain.

Maju terus PPG UAD!

Yogyakarta, Senin, 1 Oktober 2018

Comments

Baca Juga