Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Penelitian Pengaruh Suara pada Tanaman

Ilustrasi tanaman bayam mendapat perlakuan suara berbeda. (Pexels)
Dra. Zuhrotus Salamah, M.Si. menceritakan pengalamannya dalam meneliti pengaruh suara pada pertumbuhan tanaman bayam. Cerita yang disampaikan ketika mengisi materi di program PPG ini selain menghasilkan pengetahuan baru juga menyentuh sisi afektif (nilai dan moral). Bagaimana tidak, hasil penelitian ini dapat memperkokoh iman dan takwa bagi orang-orang yang mendengar dan mau memikirkannya.

Penelitian yang dilakukan dosen Pendidikan Biologi UAD Yogyakarta ini diawali dengan penanaman beberapa tanaman bayam. Semua tanaman ditanam pada usia dan media taman yang sama. Yang dibuat berbeda atau variabel bebasnya adalah pemberian tindakan berupa jenis suara yang berbeda-beda.

Jenis suara yang diberikan berupa  murotal, musik klasik, dan musik metal. Murotal atau bacaan Al-Quran yang diperdengarkan bersumber dari Surat Ar-rahman. Musik klasik yang dimaksud saya perkirakan musik klasik sejenis dengan Beethoven. Sedangkan musik metal kata ibu ini adalah musik yang berisi hentakan dan suara vokalisnya terdengar tidak jelas karena saking bisingnya.

Tanaman bayam diperdengarkan bunyi-bunyian tersebut tiap pagi dan sore. Awalnya terlihat biasa saja. Namun seiring berjalannya waktu perbedaan pada tanaman bayam ini muncul.

Tanaman bayam yang diperdengarkan murottal dan musik klasik tumbuh lebih besar daripada tanaman bayam yang diperdengarkan musik metal. Tinggi tanamannya terlihat selisihnya sangat jauh. Padahal waktu penanaman dan usia tanaman-tanaman bayam ini sama.
Dra. Zuhrotus Salamah, M.Si. saat mengajar mahasiswa PPG UAD
Stomata
Ibu Salamah mengaku kalau dirinya adalah orang struktur. Saya memperkirakan pernyataan beliau ini maksudnya adalah dirinya merupakan dosen biologi yang fokus mempelajari tentang struktur tumbuhan. Struktur tumbuhan yang ada di akar sampai pucuk daun.

Latar belakang dan fokus keilmuan pada struktur tumbuhan ini mendorong beliau untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Apa sebenarnya yang menimbulkan perbedaan antar tanaman bayam ini. Sehingga akan diketahui penyebab kenapa pertumbuhan dan perkembangan tanaman bayam ini tidak sama.

Penyebabnya diketahui ketika beliau mengambil penampang daun. Penampang daun dimasukkan preparat. Perbesaran ribuan kali menggunakan mikroskop untuk melihat struktur yang ada dalam tanaman bayam yang diberikan tindakan berbeda ini.

Hasilnya, stomata (biasa juga disebut lubang pernapasan pada daun) pada tanaman yang mendapat perlakuan berupa suara murottal terbuka sangat lebar. Hasil yang sama ditemukan pada stomata tanaman bayam yang diberi perlakuan suara musik klasik. Namun berbeda dengan tanaman bayam yang mendapat perlakuan suara musik metal, stomatanya tertutup rapat.

Terbuka atau tertutupnya stomata mempengaruhi pertumbuhan tanaman bayam. Tanaman bayam yang diperdengarkan suara murottal dan musik klasik tumbuh optimal karena stomatanya terbuka lebar. Sedangkan tanaman bayam yang tidak tumbuh optimal karena stomatanya tertutup adalah tanaman yang diperdengarkan musik metal.

Hikmah yang diperoleh adalah setiap getaran suara mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup. Wajar saja kalau banyak orang menyarankan ibu hamil untuk mendengarkan murottal atau musik klasik. Begitu juga dengan kita yang sudah dewasa, perlu juga menghindari suara-suara negatif. Suara negatif misalnya pembicaraan keburukan orang lain atau kata-kata kotor dan sumpah serapah yang jauh dari etika kesopanan.

Kampus 5 UAD, 19 Oktober 2018

Comments

Baca Juga