Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Lama Pengajuan ISBN Sebuah Buku

Proses penerbitan ISBN memerlukan waktu maksimal lima hari kerja. Hari kerja yang dimaksud mengikuti hari kerja yang ada di Perpusnas. Perpusnas menerapkan sistem lima hari kerja. Hari kerja Perpusnas berawal dari hari Senin sampai Jumat.

Berdasarkan pengalaman, penerbit yang mengajukan permohonan ISBN hari Senin maka ISBN akan terbit maksimal hari Selasa minggu depan. Portal ISBN Perpusnas sebenarnya telah mengatur sistem penerbitan ISBN ini dengan sangat bagus. Portal ini memperlihatkan tanggal kapan penerbit mengajukan permohonan ISBN ini.

ISBN bisa juga terbit lebih lama dari yang ditetapkan. Biasanya disebabkan karena kendala teknis pada sistem. Selain itu tidak perlu khawatir karena sistem menerbitkan ISBN sesuai dengan daftar antrian yang telah terindeks pada portal ISBN Perpusnas.

Perlu juga diketahui bahwa Perpusnas menerapkan ketentuan bahwa penerbit hanya berhak mengajukan ISBN maksimal 10 judul per hari. Bila penerbit memiliki buku yang dimintakan ISBN lebih dari 10, maka sisa kelebihan 1o itu dapat dimintakan di hari berikutnya. Pembatasan judul buku yang dimintakan ISBN ini juga menjadi penyebab kenapa pemerolehan ISBN lebih lama dari yang diharapkan.

Comments

  1. Kak, mhon infonya, apakah pengajuan isbn bisa jg tdk di acc? Smsal mngajukan novel, kira2 apa sj yg mnjd pnyebab blm/tdk di acc ny sbuah naskh saat pngajuan isbn, trmskh sblmny.

    ReplyDelete

Post a Comment

Baca Juga