Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Tingkatkan Fokus dengan Teknik Pomodoro!

Apa itu pomodoro?
Pomodoro adalah salah satu teknik manajemen waktu dalam melakukan suatu kegiatan agar lebih fokus. Awalnya teknik pomodoro ini hanya dilakukan untuk mengelola waktu ketika belajar. Namun seiring berjalannya waktu, pomodoro terbukti efektif untuk melatih fokus ketika melakukan berbagai pekerjaan.

Siapa penemu pomodoro?
Pomodoro ditemukan oleh Francesco Cirillo, seorang berkebangsaan Italia. Pomodoro dalam bahasa Italia berarti tomat. Dinamai tomat (pomodoro) karena alat penghitung mundur waktu yang dimiliki Francesco Cirillo berbentuk tomat.

Saat itu Francesco Cirillo menggunakan timer dapur berbentuk tomat ini untuk mengatur waktu belajarnya. Dia terus belajar sampai timer tomat ini berbunyi. Bunyi timer tomat menandakan bahwa waktu belajarnya telah usai dan saatnya rehat sejenak. Setelah empat kali interval, selanjutnya dilakukan rehat yang cukup panjang. Teknik ini kemudian dikembangkan dan dipopulerkan oleh Francesco Cirillo ke seluruh dunia.
Bagaimana tata urutan teknik pomodoro?
Cara kerja pomodoro telah sedikit disinggung di bacaan di atas. Untuk lebih memperjelas teknik pomodoro, maka pembaca dapat melakukan langkah berikut ini:
1. Tentukan tugas yang harus diselesaikan sekaligus rencana waktu pengerjaannya yang dibagi dalam interval waktu 25 menit
2. Setting timer pada angka 25 menit
3. Kerjakan tugas selama 25 menit tanpa gangguan
4. Beri waktu istirahat singkat selama lima menit setiap interval 25 menit. Waktu ini dapat digunakan untuk jalan-jalan pendek, minum kopi atau memeriksa HP bila ada kabar penting
5. Setiap empat kali 25 menit, beri istirahat panjang selama 10-30 menit

Waktu istirahat sebenarnya bisa menyesuaikan kebutuhan pengguna. Namun, waktu istirahat disarankan tidak terlalu lama. Istirahat yang berlebih berpotensi menghilangkan "mood" atas apa yang dikerjakan.

Kini di playstore banyak aplikasi pomodoro yang telah dikembangkan. Banyak aplikasi pomodoro yang gratis dan powerfull. Silahkan cari di playstore dengan kata kunci "pomodoro." Maksimalkan diri anda menggunakan aplikasi pomodoro.

Mengapa harus pomodoro?
Teknik Pomodoro perlu diterapkan dalam kehidupan saat ini. Apalagi kini manusia hidup di era digital yang menghadirkan banyak sekali gangguan. Podomoro melatih diri agar tetap fokus walau potensi gangguan bertebaran di sekitar.

Oleh karenanya, pomodoro cocok diterapkan oleh setiap orang yang ingin meningkatkan produktivitas diri. Caranya dengan melatih dan meningkatkan fokus pada suatu pekerjaan dalam kurun waktu tertentu. Mau coba tantangan pomodoro? Yuk!

Comments

Baca Juga