Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Prof. Noeng Muhadjir: Kutub Arti Teori dan Kenyataan Substantif Ilmiah Mendasar

Ada dua kutub arti teori. Kutub pertama adalah teori sebagai hukum eksperimen, seperti hukum Boyle tentang proporsi konstan zat kimia. Hukum Mendel tentang keturunan, yang dapat langsung diuji lewat observasi.

Sedangkan kutub kedua adalah hukum sebagai kalkulus formal seperti teori relativitas dari Einstein dan teori evolusi Darwin.

Temuan Ilmiah Substantif Mendasar
Beberapa contoh Temuan Ilmiah Substantif Mendasar, yaitu:

1. Penemuan huruf, mulai dari huruf hirogliph Mesir, huruf kanji Jepang dan China, sampai huruf latin. Semua huruf-huruf tersebut menjadi simbol simbol ucapan

2. Penemuan angka nol, oleh ilmuwan Arab sebagai bentuk representasi adanya yang tidak ada

3. Ilmu komputer yang mengembangkan beberapa representasi nilai menjadi dua, yaitu genap dan ganjil.

4. Penemuan teori atom yang awalnya atom dianggap sebagai bagian terkecil dari sebuah benda namun sekarang telah ditemukan bagian-bagian yang lebih kecil dari atom, yaitu neutron proton dan elektron.

Comments

Baca Juga