Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Identifikasi Diri Sebelum Mengikuti Komunitas atau Organisasi

Rapat majelis tabligh dan Majelis Pendidkan Kader PCM Borobudur mengingatkanku pada pesan Dr. Muhammad Zuhaery, dosen Universitas Ahmad Dahlan. Ketika menyampaikan materi perkuliahan Perilaku Organisasi, Dr. Ery mengingatkan kepada seluruh mahasiswa yang hadir, "Ketika kamu masuk ke sebuah komunitas, entah itu organisasi politik ataupun organisasi sosial. Kamu harus mengetahui siapa dirimu".

Siapa diri ini harus diidentifikasikan sebelum menjadi bagian dari organisasi tersebut. Identifikasi diri ini menjadi alat ukur apakah yang ada kecocokan antara kita dengan organisasi yang akan kita ikuti. Siapa diri ini juga akan memandu dalam menggapai tujuan mengikuti organisasi.

Yang lebih penting, karena biasanya di organisasi banyak sekali orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, keberhasilan mengidentifikasi diri digunakan agar tidak terpengaruh atau larut ke dalam situasi organisasi yang tidak menguntungkan pengembangan diri.

Oleh karenanya, identifikasi diri sebelum mengikuti organisasi menjadi hal yang penting agar tidak dimainkan oleh situasi atau dipengaruhi oleh orang lain.

Tanyakan pada dirimu, aku akan berperan seperti apa di organisasi ini? Jawab dengan menyesuaikan pada kemampuan diri sendiri.

Senin, 8 Januari 2018

Comments

Baca Juga