Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Efisiensi Waktu Guru SD Unggul

Apel pagi hari ini yang bertugas menjadi pembina apel adalah Bu Wiwik. Ibu Wiwik pada tahun pelajaran kali ini menjadi wali kelas VI B. Diawali dengan salam. Beberapa hal disampaikan. Namun ada satu hal yang sangat penting. Yaitu berkaitan dengan sekolah unggul dan efektifitas waktu.

Bu Wiwik bercerita bahwa predikat sekolah unggul memberikan kesibukan tersendiri. Ketika mengikuti perlombaan, predikat sekolah unggul menjadi gengsi tersendiri. Yang artinya, harus berani maju dan menang. Kemenangan hanya bisa dilakukan oleh siswa yang terlatih. Sehingga SD berpredikat unggul selalu sibuk dalam melatih siswa untuk maju di berbagai lomba.

Selain lomba, kegiatan belajar mengajar juga tak kalah penting. Guru SD Unggul harus mampu menghadirkan pembelajaran yang mengesankan bagi peserta didik. Karena melalui pembelajaran yang mengesankan, isi pembelajaran dapat tertanam dengan baik di benak peserta didik. Untuk menciptakan pembelajaran yang seperti ini juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Keseimbangan antara waktu untuk persiapan lomba dan kegiatan belajar mengajar merupakan sesuatu yang harus tercapai. Keseimbangan ini hanya dapat diwujudkan dalam pemanfaatan waktu yang efisien. Efisien dalam arti menggunakan waktu sedikit mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Saya sependapat dengan gagasan efisiensi waktu yang ditawarkan Bu Wiwik. Karena tanggung jawab guru sangatlah banyak. Mulai tanggung jawab akan peserta didik sampai tanggung jawab sosial sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Agar semua tanggung jawab dapat ditunaikan dengan baik, maka kecerdasan dalam mengelola waktu harus senantiasa dilatih. Pada akhirnya diri kita akan melakukan otomasi kapan waktu untuk istirahat atau berusaha dalam menunaikan tugas sebaik-baiknya.

Selasa, 6 Maret 2018

Comments

Baca Juga