Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Fitur Terbaru Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi komputer terbaru yang dibuat oleh Microsoft. Banyak hal baru yang memudahkan pengguna untuk mengoptimalkan penggunaan windows 10 untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Terutama bagi pendidik yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyampaikan materi ke peserta didik. Ada dua fitur terbaru Windows 10 yang diperkenalkan di pelatihan ToT ini, yaitu:

1. Fitur untuk Penyandang Buta Warna
Fitur ini digunakan untuk memudahkan penyandang buta warna dalam mengoperasikan Windows 10. Fitur ini memiliki berbagai macam mode. Mode tersebut disesuaikan dengan jenis buta warna yang disandang oleh pengguna. Mode yang tersedia adalah grayscale, invert, grayscale inverted, deuteranopia, protaopia dan tritanopia. Semua warna pada setiap aplikasi yang dibuka di Windows 10 akan berubah sesuai dengan mode yang dipilih. Kecuali file foto dengan format jpeg.

2. Fitur Task View Desktop
Fitur task view desktop ini digunakan untuk membuat desktop lebih dari satu. Manfaatnya adalah untuk memunculkan desktop baru. Jadi apabila kita sedang mengerjakan suatu pekerjaan menggunakan beberapa software yang berbeda, kemudian ingin berpindah ke desktop yang baru tanpa menutup software yang sedang kita buka, kita dapat melakukannya dengan menggunakan fitur ini. Caranya klik task view, yang menunya ada di samping logo start dan gambar kaca pembesar. Kemudian pilih +new desktop. Akan terbuka desktop yang baru. Cara lain untuk memudahkan pindah desktop adalah dengan menekan tombol ctrl+start sambil menekan tombol arah kanan atau kiri.

3. Fitur Membagi Layar
Terkadang kita perlu membuka beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa harus menutup/ menghentikan aplikasi yang lain. Cara manual membagi layar dapat dilakukan dengan mengatur ukuran jendela aplikasi yang terbuka dengan menggunakan mouse/ drag- and drop. Namun cara pintasnya adalah dengan menekan tombol start+arah kanan, kiri, atas atau bawah ketika aplikasi yang kita butuhkan terbuka. Kemudian kita pilih aplikasi lain yang akan kita buka secara bersamaan.

Demikian tiga fitur terbaru Windows 10 yang diperkenalkan di forum Pelatihan Training of Trainer Pengayaan Sumber Belajar Learning Object 3D pada Portal Jateng Pintar di BPTIK Dikbud Propinsi Jawa Tengah. Ketiga fitur ini dapat dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Menurut hemat penulis, fitur ini membuktikan bahwa Microsoft berusaha memenuhi kebutuhan pengguna dalam rangka tercapainya kepuasaan pelanggan.

Semarang, 23 Maret 2018

Comments

Baca Juga