Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Pengenalan Singkat Office 365

Huda Romafiq selaku trainer dari Microsoft Indonesia memperkenalkan Office 365 kepada peserta Pelatihan Training of Trainer Pengayaan Sumber Belajar Learning Object 3D pada Portal Jateng Pintar di BPTIK Dikbud Propinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan kali ini, tidak semua aplikasi Office 365 diperkenalkan. Peserta hanya diperkenalkan pada beberapa aplikasi yang akan digunakan untuk membantu penyelesaian pelatihan ToT ini, yaitu Outlook, One Drive, dan OneNote. Perlu diingat bahwa semua aktifitas yang berkaitan dengan Office 365 membutuhkan koneksi internet. Dan akun office 365 hanya dapat diperoleh dari institusi yang telah bekerja sama dengan Microsoft. Dalam kesempatan kali ini, setiap peserta mendapatkan akun Office 365 dengan domain @bptikpjateng.org. Berikut deskripsi singkat manfaat beberapa aplikasi yang ada di Office 365.

1. Outlook
Aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima email. Keistimewaan outlook office 365 ini, pemilik akun akan mendapatkan ruang penyimpanan email sebesar 50 GB.

2. Word
Word adalah aplikasi microsoft word yang tersedia secara online. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah dokumen secara bersama-sama dengan pemilik akun office 365 yang lain. Selain itu, word juga menyediakan berbagai macam versi dokumen yang telah dibuat. Sehingga tidak perlu khawatir apabila membutuhkan versi dokumen yang telah lalu.

3. One Drive
One Drive merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyimpan data di awan (artinya disimpan secara online). Kapasitas yang diberikan Microsoft kepada pemilik akun Office 365 sebesar 5024 GB atau setara dengan media penyimpanan berkapasitas lima tera. Saat ini hanya microsoft yang memberikan media penyimpanan sebesar 5 tera secara gratis kepada penggunanya. Microsoft juga menyediakan software one drive yang dapat diinstal secara desktop di perangkat pemilik akun Office 365. Di versi desktop yang terbaru, pengguna dapat melihat seluruh aplikasi yang tersimpan di one drive online. Berikut beberapa status data yang perlu diketahui ketika menggunakan one drive versi desktop.
a. Logo awan, artinya file berada di awan yang artinya file tidak tersedia di komputer
b. Logo Centang di Dalam Lingkaran, artinya file berada tersedia di penyimpanan komputer namun belum terupload/ terupdate di awan
c. Simbol Lingkaran Hijau, artinya file ada di awan sekaligus tersimpan di penyimpanan komputer

Dari ketiga aplikasi yang diperkenalkan, One Drive yang membuat hampir seluruh peserta ToT tertarik. One Drive membuat penggunanya semakin leluasa karena tidak perlu khawatir file datanya hilang atau rusak diserang virus komputer. Kapasitas One Drive yang telah terpakai dapat dilihat dengan cara mengkilik kanan simbil one drive di samping jam pada desktop komputer, kemudian pilih tab account. Kemudian akan terlihat kapasitas penyimpanan yang telah terpakai dan kapasitas keseluruhan yang dimiliki.

Apabila kapasitas penyimpanan di komputer sudah penuh dan ingin mengurangi jumlah file yang ada di onedrive, caranya jangan dihapus. Karena penghapusan akan menghapus file yang ada di komputer dan di awan. Solusinya adalah dengan mengubah status file data menjadi simbol awan. Caranya dengan klik kanan pada file yang ingin kita hapus, pilih free up space. Secara otomatis simbol di statusnya akan berubah menjadi simbol awan.

Semarang, 23 Maret 2018

Comments

Baca Juga