Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Rahasia Pak Pur, Legenda Guru Olahraga Kecamatan Borobudur

Upacara sudah memasuki penguhujung acara. Sampailah pada acara pengumuman-pengumuman. Pengumuman ini diisi perkenalan oleh guru olahraga yang baru. Pak guru olahraga yang baru pun maju ke podium upacara.

Beliau mengucapkan salam, penghormatan dan syukur kepada Allah SWT serta sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Perkenalan ini ia awali dengan pepatah Jawa "Kebo Bali Kandang e". Yang artinya, sejauh manapun seseorang itu pergi, akhirnya kembali juga ke tempat asalnya.

Pepatah Jawa tersebut sangat sesuai dengan keadaan Pak Pur saat ini. Mengingat beliau dulu pernah mengajar di SDN Borobudur 1. Kemudian melalang buana pindah ke SDN Karanganyar, SDN Karangrejo. SDN Giripurno 1, dan sekarang kembali lagi ke SDN Borobudur 1.

Uniknya, di setiap tempat penugasan, anak didik Pak Pur pasti membawa pulang piala kejuaraan olahraga. Mulai dari tingkat kecamatan sampai provinsi. Perlombaan yang menjadi andalan adalah sepak takraw dan PBB/ TUB.

*Kedisiplinan*
Rahasia keberhasilan Pak Pur ini diungkapkan sendiri di forum perkenalan ini. Pak Pur mengatakan kepada seluruh peserta upacara bahwa setiap keberhasilan itu pasti didahului dengan disiplin. Beliau juga menambahkan bahwa pada awalnya, disiplin itu menyakitkan. Namun pada akhirnya menyenangkan.

Banyak atlit olahraga yang mengawali kesuksesan dan akhirnya mampu menjadi juara pada berbagai macam kejuaraan pasti diawali dengan disiplin latihan. Disiplin memang membutuhkan pengorbanan. Ketegasan pada diri sendiri. Dan juga tekad yang kuat untuk meraih cita-cita.

Pak Pur juga mengungkapkan bahwa akan mengawali pembelajaran olah raga dengan PBB. Pak memiliki teori bahwa kalau PBB bagus pasti olahraganya juga bagus. Karena PBB menjadi media yang tepat untuk melatih kedisiplinan pada setiap siswa.

Sebelum mengakhiri perkenalan, Pak Pur berharap bahwa minggu yang akan datang upacara harus lebih baik lagi. Lebih tertib. Lebih disiplin. Tidak ada yang guyonan sendiri.

Inilah Pak Pur, legenda guru olahraga Borobudur yang selalu membawa pulang piala dimana pun ia bertugas. Ternyata rahasia Pak Pur mencetak generasi unggul terletak pada kedisiplinan. Kedisplinan yang diawal terasa menyakitkan tapi indah di akhir.

Borobudur, 26 Maret 2018

Comments

Baca Juga