Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Fakta, Konsep, dan Generalisasi dalam IPS

Penjelasan Pak Pri UAD memudahkan kami
Pak Supriyadi juga membahas tentang Apa itu fakta, konsep, dan generalisasi. Fakta memiliki ciri sesuatu yang sudah terukur, tepat dan nyata adanya. Misalnya ini almunium yang beratnya 20 ons. Kalimat itu fakta karena ada ukuran dan jelas.

Adapun konsep adalah kumpulan dari fakta-fakta. Misalnya almunium yang memiliki berat 20 ons dijadikan satu dengan besi yang memiliki panjang 20 cm dan baja yang memiliki panjang 10 cm. Ketiga benda itu dapat disebut logam. Konsep dari ketiga fakta ini adalah benda logam.

Aktivitas penarikan kesimpulan atau konsep dinamakan generalisasi. Generalisasi bisa ditingkatkan menurut tahapannya. Contoh logam tadi disebut generalisasi tahap pertama. Generalisasi tahap kedua berbeda.

Generalisasi tahap kedua menggabungkan konsep-konsep menjadi teori. Penggabungannya bisa bersifat sebab-akibat. Generalisasi tahap kedua  misalnya logam apabila dipanaskan akan memuai. Terdapat tiga konsep dalam pernyataan di atas. Yaitu konsep logam, panas dan pemuaian. Teorinya dapat dibaca logam diberi panas akan memuai.

Pak Pri panggilan akrab dari pak Supriyadi di akhir perkuliahan menjelaskan bahwa perbedaan antara fakta, konsep, dan teori cenderung pada substansinya.

Diungkapkan pula oleh pak Pri keunikan kuliahnya siang ini. Keunikannya bahwa  konsep generalisasi yang merupakan bagian dari IPS dijelaskan menggunakan contoh dari pelajaran IPA. Semua peserta PPG tertawa. Hal ini tidak masalah karena kami bisa menjadi lebih mudah paham.

Comments

Baca Juga