Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Ilmu Sosial melahirkan Studi Sosial dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Drs . Supriyadi, M.Sc. UAD
Setiap ilmu memiliki rasionalitas, metode dan objek. Rasionalitas artinya dapat dipikirkan atau masuk akal. Metode dalam ilmu artinya memiliki cara-cara ilmiah yang disepakati untuk membuktikan kebenaran sebuah pengetahuan. Ilmu memiliki metode pembuktian kebenarannya masing-masing. Ilmu memiliki objek. Objek dalam ilmu ada objek formal dan objek material. Ilmu sosial juga memiliki komponen itu semua.

Ilmu sosial adalah ilmu yang membahas tentang perilaku manusia. Ilmu sosial membahas perilakunya, bukan manusianya. Hal ini yang membedakannya dengan ilmu Biologi yang hanya membahas tentang manusia.


Perilaku manusia yang dibahas  dalam ilmu sosial misalnya perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembahasan tentang perilaku manusia memenuhi kebutuhannya ini melahirkan cabang ilmu sosial yang dinamai ekonomi. Ilmu memang bisa dikhususkan lagi. Ada juga cabang ilmu sosial yang membahas perilaku manusia dengan masyarakat. Cabang ilmu ini dinamai sosiologi.

Ilmu sosial inilah yang menghasilkan studi sosial. Studi sosial adalah bagian-bagian ilmu sosial. Dan beberapa studi sosial ini digabungkan menjadi ilmu pengetahuan sosial. Jadi ilmu pengetahuan sosial menggunakan pendekatan multidisipliner.

Comments

Baca Juga