Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Mata Bayi Mengeluarkan Cairan Kuning (Lodokan/ Lodoken)

Mata anak balita atau bayi mengeluarkan cairan kuning
Sudah hampir seminggu ini mata anak saya banyak cairan kental, lengket dan berwarna kekuningan. Kalau orang Jawa menyebutnya "lodok". Jadi anak yang matanya ada cairan kuning ini oleh masyarakat Jawa sering disebut "lodokan" atau "lodoken".

Lodok ini biasa ditemukan  bangun tidur. Namun kali ini berbeda. Anak saya lodoknya sangat banyak. Dan tidak hanya ketika bangun tidur. Hampir sepanjang hari mengeluarkan lodok disertai air mata yang sangat banyak.

Melihat kondisi ini, saya sangat khawatir. Akhirnya kubawa anak saya ke dr. Soelistiyo, Sp.A., dokter spesialis anak di Kota Magelang. Setelah berkonsultasi dengan Dokter spesialis anak yang berpraktik di Apotik Dwi Farma Kota Magelang ini disimpulkan bahwa:
1. Produksi lodok yang banyak dikarenakan anak sedang pilek
2. Memang ada saluran antara mata dan hidung. Apabila ingus tidak bisa keluar dari hidung maka akan keluar melalui saluran mata.
3. Hal ini normal dan tidak masalah
4. Lodok hilang ketika pileknya sembuh.

Semoga informasi ini berguna bagi ayah bunda sekalian.
:)

Comments

Baca Juga