Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Penghitungan Refund di Fastwork.id (Bag. 2 - Terakhir)

Artikel ini merupakan sambungan dari artikel saya sebelumnya. Artikel tersebut dapat dibaca di link berikut (klik disini). Di artikel sebelumnya, saya menyarankan pembaca untuk berhati-hati dalam memilih freelancer di Fastwork. Karena uang kita tidak akan kembali 100%. Di artikel tersebut saya jelaskan bahwa ada biaya refund dari uang yang telah dibayarkan di Fastwork.

Artikel ini memuat hitung-hitungan sebenarnya dari pekerjaan freelancer gagal karena dibatalkan secara sepihak oleh freelancer. Waktu itu freelancer membatalkan pekerjaan secara sepihak. Sistem di Fastwork memberitahu saya sebagai pemberi kerja sekaligus menawarkan pembatalan pekerjaan.

Saya sebagai pemberi kerja diberi pilihan jawaban dari pertanyaan berapa persentase pekerjaan yang telah dibayarkan. Saya pilih 0% karena pekerjaan yang saya bayarkan belum dikerjakan sama sekali. Kemudian muncul peringatan bahwa pengembalian dana akan disetujui setelah lima hari.

Ini contoh pesan Whatsapp dari admin Fastwork setelah pembatalan disetujui.
Halo kak! Kami dari fastwork.id ingin mengkonfirmasi cancel order yg dilaporkan dengan kode order #KVO5XXX.
Order Amount: 30,000 IDR.
Refund to Freelancer: 0%.
Refund to Buyer: 100% (26,150 IDR + incl. admin fee).
Apakah details tsb benar, kak? Bila ya, kakak dapat sertakan informasi bank kakak (no rekening, nama bank, nama nasabah)?Agar dapat kami proses refund nya.
Bila pesan ini tidak direspon sampai 3 hari ke depan, maka kami akan menganggap permintaan cancel order selesai tanpa refund. 
Terima kasih.
Dari hitungan di atas, diketahui bahwa saya terkena potongan sebesar 3,850 IDR. Hal ini disebabkan karena saya meminta refund melalui rekening bank. Potongan ini berbeda-beda pada setiap cara pengembalian dana. Ada tiga cara pengembalian dana di Fastwork, yaitu transfer bank, transfer ewallet, dan transfer credit card.

Adapun admin fee atau potongan dananya adalah sebagai berikut:
1. Transfer bank admin fee sebesar 3,850 IDR
2. Transfer ewallet --OVO, Dana, dll-- sebesar 2%
3. Transfer credit card 4%

Sekali lagi, bagi teman-teman yang memperkerjakan freelancer di Fastwork haruslah hati-hati. Harapannya tidak ada pembatalan pekerjaan. Karena pemberi kerja akan rugi potongan dana untuk admin fee seperti di atas.

Rahma Huda Putranto
Borobudur, 22 Juni 2020

Comments

Baca Juga