Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Fakta Tentang Shutterstock dan Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock


Tak perlu bersedih bila melewatkan atau kehilangan satu kesempatan. Karena di era digital ini banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan. Bahkan tak jarang kalau kesempatan di dunia maya berpotensi menghasilkan pemasukan yang sangat besar. Kesempatan itu salah satunya melalui Shutterstock.

Apa itu Shutterstock?

Dikutip dari Wikipedia, Shutterstock adalah penyedia stok fotografi, stok cuplikan (rekaman video), stok musik dan alat pengeditan.

Mengapa Shutterstock bisa menghasilkan uang?

Shutterstock menyediakan tempat untuk para fotografer, videografer dan komposer musik dalam menjual karya-karyanya. Shutterstock menjadi tempat bertemunya para pelaku industri kreatif dengan para konsumen.

Hasil karya yang kita upload di shutterstock dapat dibeli dengan cara royalti free. Konsumen dalam sistem royalty free dapat menggunakan, menyalin dan menggunakan karya dengan cara membelinya. Sedangkan hak cipta dalam sistem royalty free tetap dimiliki oleh pembuat. Dari praktek jual beli karya inilah uang dihasilkan melalui Shutterstock.

Bagaimana cara mendapatkan uang di Shutterstock?

Syarat mutlak mendapatkan yang dari shutterstock adalah anda harus menjadi kontributor. Status sebagai kontributor hanya dapat diperoleh ketika seseorang mendaftarkan dirinya di alamat ini. Untuk lebih jelasnya dapat melihat video yang saya lampirkan.

Setelah memperoleh akun sebagai kontributor Shutterstock, kita dapat mengunggah gambar dan video yang telah dibuat. Kemudian tambahkan detail dan kirimkan pekerjaan Anda untuk ditinjau.

Tidak semua hasil karya dapat dijual di Shutterstock. Hanya karya yang berhasil lolos dari "review" atau peninjauan lah yang bisa dijual. Berikut ini ketentuan umum yang perlu diperhatikan terhadap materi yang akan diunggah.

Foto atau ilustrasi berupa file JPEG yang berukuran minimal 4 megapiksel.

Video yang diunggah menggunakan FTPS.

Vektor yang akan dijual harus diunggah dalam file EPS yang kompatibel dengan Illustrator versi 8 atau 10.

Siapa yang bisa mendapatkan uang dari Shutterstock?

Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui bahwa seseorang yang dapat menghasilkan uang dari Shutterstock adalah orang yang telah memiliki akun sebagai Shutterstock Contributor. Logikanya jelas, hanya orang yang menjadi kontributor sajalah yang dapat menjual karya-karyanya disini.

Saat ini menjadi kontributor lebih mudah. Kini calon kontributor hanya membutuhkan email untuk mendaftar. Kalau dulu, calon kontributor harus memiliki paspor. Yuk dapatkan akun sebagai kontributor mumpung syaratnya masih mudah.

Kapan uang dari Shutterstock bisa didapat?

Hasil penjualan karya di Shutterstock dapat dicairkan -salah satunya- melalui layanan Paypall. Pencairan dana di Shutterstock tidak dapat dicairkan sesuka hati. Ada ketentuan nominal minimal agar dana dapat dicairkan. Informasi terakhir ketika tulisan ini dibuat, pencairan dana minimal adalah 35 dollar. Jadi, bila keseluruhan penjualan anda belum mencapai 35 dollar artinya belum bisa dicairkan.

Dimana Shutterstock bisa diakses?

Untuk melihat dan membeli karya yang dijual di Shutterstock dapat dilakukan di alamat www.shutterstock.com. Sedangkan pendaftaran, upload karya, dan rekapitulasi penjualan dapat diakses di submit.shutterstock.com.


Demikian penjelasan singkat tentang bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan dari Shutterstock. Pesan saya, segera daftarkan diri anda menjadi Shutterstock Contributor. Hal ini harus segera dilakukan sebelum persyaratan pendaftaran dipersulit.


Berikut video tutorial cara mendaftarkan diri sebagai Shutterstock Contributor:

Comments

Baca Juga