Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Menginsafi Langkah-langkah Menulis

Saya akan berbagi tentang buku yang saya baca. Buku yang saya baca kali ini berjudul "Menulis Saja". Buku karya Bambang Trim ini adalah hasil revisi dari buku Menulispedia yang pertama kali terbit pada 2016 lalu.

Saya tidak mungkin menjelaskan semua isi buku tersebut dalan satu waktu. Oleh karenanya, saya mengambil sebagian kecil dari buku tersebut. Rencananya bagian atau isi buku lainnya akan kami paparkan di hari Rabu yang akan datang.

Pada Rabu Membaca Buku edisi perdana ini, saya akan memaparkan bagian isi buku yang bertajuk "menginsafi langkah-langkah menulis". Ini bagian yang bagus dalam buku ini. Bahkan memberikan saya pemahaman baru di luar kebiasaan selama ini.

Selama ini, kita banyak mengenal tulisan hanya dari sudut pandang produk. Pembelajaran di bangku sekolah banyak menjelaskan tentang tulisan deskriptif, persuasi, dll. Sehingga banyak di antara kita yang melupakan menulis sebagai sebuah proses.

Memahami menulis sebagai sebuah proses adalah sebuah keniscayaan. Karena menulis merupakan salah satu keterampilan. Keterampilan hanya dapat diasah bila dilatih terus-menerus.

Oleh karena itu, kita perlu memahami langkah-langkah dalam menulis. Langkah-langkah menulis sebenarnya banyak diadopsi dalam pembelajaran bahasa di negara-negara maju. Bambang Trim menjelaskan ada lima langkah utama dalam menulis sebagai proses.

Kelima langkah utama tersebut terdiri dari pramenulis, menulis draft, merevisi, mengedit, dan mempublikasi. Bagaimana penjelasannya lebih lanjut? Yuk simak penjelasannya melalui live streaming YouTube pada Rabu, 24 Maret 2021 pukul 13.00-14.00 WIB.


Comments

Baca Juga