Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Membangun Hubungan di Luar Forum Resmi



Anies Baswedan memberikan nasihat kepada para mahasiswa Universitas Indonesia. Saya melihatnya pada salah satu video yang diunggah di youtube. Anies Baswedan pada intinya mengatakan bahwa para mahasiswa harus bisa memanfaatkan kesempatan menjadi mahasiswa dengan sebaik-baiknya.

Salah satu kesempatan yang tidak boleh ditinggalkan oleh mahasiswa adalah membangun hubungan baik dengan dosen. Membangun hubungan yang baik dengan dosen tidak hanya dilakukan di dalam ruang ruang kelas. Namun juga dilakukan di luar ruang kelas.

Misalnya ketika masih mahasiswa, Anies Baswedan dan teman-temannya sering melakukan kunjungan ke rumah para dosen. Mereka saling bertukar pikiran. Melalui aktivitas ini Anies Baswedan dan teman-temannya mengetahui kapasitas dosennya. Para dosen pun mengetahui kapasitas Anies Baswedan dan teman-temannya.

Interaksi di luar kelas ini menjadi jembatan membangun hubungan yang baik. Interaksi dua arah ini juga seringkali menjadi ajang untuk saling mengundang. Dosen diundang mengisi kegiatan mahasiswa. Mahasiswa diundang dosen untuk ikut serta dalam kegiatan akademik, penelitian misalnya.

Hikmah Cerita
Dalam konteks dunia kerja, membangun hubungan di luar jam kerja sangatlah penting. Tak jarang "deal-deal" penting tidak terjadi di atas forum-forum rapat resmi. Bisa terjadi di atas meja makan atau bahkan di lapangan golf.

Bagi guru seperti saya, kesempatan berinteraksi di luar kelas dengan para siswa sangatlah penting. Begitu pula dengan para atasan. Interaksi di luar forum resmi dengan teman sejawat, kepala sekolah, pengawas, pejabat dinas pendidikan harus ditingkatkan.

Interaksi di luar forum resmi secara sederhana bisa berupa saling senyum sapa, salam dan menanyakan kabar saling mendoakan. Ini hal penting yang sering kali terlewatkan. Bahkan ada beberapa tipe orang yang cenderung menghindari interaksi di luar forum resmi. Mari berlatih membangun hubungan!

Borobudur, 11 Desember 2018

Comments

Baca Juga