Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Tidur Sejenak di Siang Hari Segarkan Badan

Manusia seringkali merasakan lelah dan lesu di sekujur tubuhnya ketika bekerja. Akibatnya fokus pekerjaan dan produktivitas menurun. Tidur sejenak di tengah kesibukan terbukti mampu mengembalikan kesegaran dan fokus.

Kelelahan dan kelesuan yang teramat sangat terasa sangat merepotkan. Target dan tujuan hidup bisa tidak tercapai karenanya. Apalagi bagi yang bekerja di tempat yang menuntut fokus dan kreativitas yang tinggi. Kelelahan dan kelesuan haruslah dilawan.

Cara melawan kelelahan dan kelesuan bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Ada yang melawannya dengan meminum kopi. Beberapa orang efektif melawan kelelahan dengan mengkonsumsi minuman isotonik. Bahkan kini ada minuman penambah energi.

Cara-cara di atas memiliki efek samping. Terutama konsumsi minuman penambah energi yang berlebih bisa merusak kinerja jantung. Penulis sering mendengar banyak sopir terkena serangan jantung. Serangan jantung disinyalir berasal dari konsumsi berlebih minuman penambah energi. Maklum minuman penambah energi menjadi "doping" agar bisa berkonsentrasi ketika mengendarai kendaraan.


Bagi penulis, cara di atas tidak terlalu efektif. Bagi penulis, cara yang paling efektif adalah dengan tidur sejenak. Tidur sejenak yang berkualitas ternyata lebih baik daripada tidur lama yang tidak berkualitas.


Tidur Sejenak
Tidur merupakan mekanisme istirahat yang dilakukan oleh sebagian besar makhluk hidup. Makhluk hidup menggunakan tidur untuk memulihkan energi. Sehingga setelah bangun tidur, makhluk hidup siap beraktivitas kembali.


Tidur sejenak ketika bekerja bisa dilakukan dengan rentang 5-15 menit. Tidur ini dilakukan di sela-sela jam istirahat bekerja. Ataupun terpaksa dengan cara meminta izin kepada pimpinan untuk beristirahat ketika jam kerja.


Tujuan tidur sejenak semata-mata untuk memperbarui energi. Sehingga betul juga ketika ada yang berseloroh "tidur sejenak untuk melompat lebih jauh." Setelah tidur sejenak yang berkualitas, tubuh manusia kembali fit dan siap bekerja kembali.


Tidur sejenak bisa dilakukan di kursi kerja sambil duduk atau berbaring. Disarankan untuk mencari tempat yang aman dan nyaman. Semakin aman dan nyaman tempat tidur, kualitas tidur yang dihasilkan juga semakin baik.


Sekarang, rasakan. Ketika bangung tidur yang berkualitas pasti akan merasakan kesegaran. Tanpa mengkonsumsi suplemen tubuh sudah kembali segar. Kita siap beraktivitas kembali dengan penuh semangat. Jadi betul, tidurlah sejenak untuk mendapatkan produktivitas yang lebih banyak.

Comments

Baca Juga