Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

2021: Tahun Baru, Bisnis Baru!


Ha, tahun baru lagi.

Alhamdulillah masih bisa merasakan udara di tahun 2021. Tahun ini menjadi tahun yang bersejarah. Karena di malam pergantian tahun tidak ada kembang api, live music, atau "lek-lekan."

Kebiasaan itu berubah karena pandemi. Pandemi telah melanda Indonesia sejak Maret 2020. Saya sempat putus asa di awal masa pandemi. Saya menduga bisnis tidak bisa jalan. Terbukti dari bulan Maret sampai lebaran saya harus memutar otak agar "bisnis saya" bisa tetap eksis.

Namun Gusti Maha Kuasa masih memberi kesempatan pada saya untuk menjemput rezeki melalui bisnis ini. Bisnis ini mulai bergeliat kembali setelah lebaran. Disitulah muncul momentumnya. Pendapatan bersih cukup lumayan. Bisa digunakan untuk membayar kebutuhan tim produksi.

Rencana Tahun 2021

Tahun 2021 ini kami mencoba untuk lebih fokus lagi dalam pengembangan bisnis di dunia maya. Fokusnya ada di pemanfaatan media sosial untuk bisnis. Selain itu saya juga fokus pada pengembangan 1 bisnis baru di media sosial.

Bisnis di media sosial ini murni bisnis informasi. Ha, lebih gamblangnya, saya mencoba untuk merambat ke bisnis media! Media ini akan saya awali dari implementasi strategi di media sosial. Kalau hasilnya positif, kita kembangkan menjadi berbadan hukum. Ini target kami di 2022.

Banyak media yang saat ini "eksis" berasal dari dunia media sosial. Awalnya si pengelola media sosial itu hanya repost atau shared-shared informasi yang bermanfaat. Tak disangka pengikut dan orang yang menyukainya semakin banyak. Merambahlah ke dunia media online. Berdirilah badan usaha atau badan hukum baru.

Secara singkat, pengalaman di atas menunjukkan bahwa media massa yang profesional kini banyak yang diawali dari media sosial. Media sosial yang kesannya "citizen journalism." Dari sisi pendanaan ini lebih murah. Namun "cara bermainnya" harus lebih hati-hati. Karena modal kita secara keuangan, keahlian atau hukum sangatlah terbatas.

Ya wislah, akhirnya saya minta doa dari pembaca sekalian ya. Semoga bisnis yang sudah saya rintis satu setengah tahun lalu semakin berkembang. Semoga juga bisnis, eh sebut saja proyek percobaan saya di bidang layanan informasi ini lancar jaya. haaa. Aamiin! 

Comments

Baca Juga