Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Beberapa Bidang yang Perlu Diperhatikan dalam Resolusi Tahun Baru

Hasil jajak pendapat Kompas menunjukkan bahwa lima dari sepuluh orang menganggap penting adanya resolusi untuk menyambut tahun baru 2022. Bahkan dua dari sepuluh mengatakan kalau resolusi sangatlah penting.

Jajak pendapat yang dilakukan Kompas juga memunculkan bidang apa yang perlu adanya resolusi. Dari jajak pendapat Kompas ini diketahui beberapa bidang yang menjadi prioritas resolusi. Berikut ini adalah bidang resolusi sesuai urutan prioritas responden Jajak Pendapat Kompas.

  1. Keuangan
  2. Kesehatan atau Gaya Hidup
  3. Hubungan Sosial
  4. Pendidikan dan Keahlian
  5. Karier
  6. Spiritual

Dari urutan bidang prioritas resolusi di atas terlihat kalau orang-orang cenderung memiliki kesadaran akan pentingnya keuangan, kesehatan dan hubungan sosial. Dan ada satu hal yang penting dan tidak tertinggal yaitu pendidikan dan keahlian.

Nampaknya bidang keuangan menjadi bidang yang perlu direncanakan. Sebab, dua tahun ini banyak orang mengalami dampak akibat dari pandemi Covid-19. Ada yang gajinya dipotong, tunjangan dihapus bahkan diberhentikan dari pekerjaan/PHK.

Covid-19 juga menyadarkan akan pentingnya menjaga kesehatan. Kesehatan bila tidak diperhatikan dapat merenggut nyawa. Hal ini terbukti dari antusiasme seseorang dalam mengikuti program vaksinasi.

Hubungan sosial juga mendapat perhatian. Saya melihat kalau masyarakat mulai menyadari hubungan sosial sangat dibutuhkan. Dua tahun harus mengurangi mobilisasi dan melakukan hal apapun dari rumah tentu membawa dampak pada kesadaran akan pentingnya menjalin hubungan dengan orang lain.

Pendidikan dan keahlian juga dibutuhkan dalam pembuatan resolusi. Pendidikan dan keahlian baru harus senantiasa dipelajari. Sekali lagi, Covid-19 memberikan pelajaran bahwa ahli dalam satu bidang pendidikan atau keterampilan tidaklah cukup. Butuh beragam keterampilan yang dapat mendorong adanya multiple income.

Yuk, sekarang kita coba buat resolusi tahun baru dalam bidang-bidang di atas. Bidang spiritual juga sangat penting. Sebab spiritual menjadi bekal dalam bertahan menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Rahma Huda Putranto
26 Desember 2021

Comments

Baca Juga