Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Soal Logo Hari Guru Nasional yang Berbeda-beda

Beberapa hari yang lalu, tepatnya sebelum tanggal 25 November, banyak pesan WA masuk ke HP saya. Semuanya bertanya tentang mana logo "Hari Guru Nasional" yang sebenar-benarnya. Para penanya mengungkapkan alasannya bertanya. Mereka menemukan ada beberapa logo yang tersebar luas di internet. 

Dari sekian yang ditunjukkan, saya hanya mengakui logo hari guru nasional yang resmi adalah yang berasal dari pemerintah. Para penanya tidak puas. Saya terus dikejar atas jawaban pertanyaan ini. Hingga saya putuskan untuk menuliskannya dalam tulisan singkat ini.

Saya mengakui akan fakta dimana memang ada beberapa logo Hari Guru Nasional.Dilihat dari sisi pembuatnya, ada logo yang dikeluarkan pemerintah, yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan bahkan beberapa "organisasi guru". Mereka mengeluarkan logo sesuai versinya masing-masing.

Namun, agar lebih fokus, saya mengerucutkan pada dua logo yang dikeluarkan oleh pemerintah. Saya mengamati, pemerintah meluncurkan dua logo untuk Hari Guru tahun ini.

Lho, bukannya pemerintah itu ada satu? Ya, Pemerintah Republik Indonesia memang hanya ada satu. Namun, ada dua Kementerian di lingkungan Pemerintah Indonesia yang memiliki guru, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama.

Pada akhirnya saya memiliki kesimpulan tersendiri. Tidak masalah setiap kementerian, organisasi, yayasan atau siapapun membuat logo untuk merayakan hari guru. Beragam tidak masalah. Sebab, ada satu yang pasti dan tidak bisa diubah. Penetapan tanggal 25 November sebagai hari guru tidak bisa lepas dari PGRI. Tanggal 25 November ditetapkan sebagai hari guru bertepatan dengan lahirnya PGRI!

Comments

Baca Juga