Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Lusia Dayu Dancing in The Rain, Kisah Penyintas Kanker

Kami sekeluarga bersama Lucia Dayu Penulis buku Dancing in The Rain, seorang penyintas kanker
Saya dulu tidak pernah tertarik dengan istilah kanker. Saya hanya mendengarnya dari buku-buku mata pelajaran IPA atau biologi. Selain itu dari perayaan-perayaan hari kanker sedunia yang biasanya ditampilkan di televisi.

Ketertarikan saya untuk mempelajari kanker dimulai sekitar dua bulan yang lalu. Ketika itu salah satu anggota keluarga saya terkena kanker. Saya mulai tanya-tanya dengan istri saya yang mempunyai latar belakang tenaga kesehatan. Akan tetapi saya saat itu juga belum terlalu intens hanya sebatas ingin tahu saja tentang penyakit kanker.

Saya mulai lebih tertarik untuk mengetahui hal-hal tentang kanker setelah mendengarkan sharing dari seorang penyintas kanker bernama Lusia Dayu. Dari Lusia Dayu lah saya pertama kali mendengar istilah penyintas. Melalui google saya ketahui bahwa penyintas adalah orang-orang yang selamat dari bencana besar. Sehingga penyintas kanker adalah orang-orang yang selamat atau berhasil sembuh dari penyakit kanker.


Cerita tentang Lusia Dayu berjuang melawan kankernya kudengar langsung ketika mengikuti kegiatan talk show yang diselenggarakan oleh dinas perpustakaan dan arsip daerah kota Magelang. Talkshow bedah buku ini merupakan salah satu kegiatan dari festival buku tahun 2018. Lusia Dayu yang memiliki latar belakang seorang penulis melukiskan kisah perjuangan melawan kanker dalam sebuah buku yang berjudul Dancing in the Rain.

Buku kesembilan yang ditulis Lusia Dayu ini dimulai dari cerita proses awal ditemukannya sel kanker di dalam dirinya, terapi kemoterapi sampai proses operasi pengangkatan kanker. Perjuangannya jatuh bangun melawan kanker tertulis secara detail dan sangat mengena. Pembaca dibawa ke sebuah pengalaman baru dimana seolah-olah ikut merasakan apa yang dirasakan oleh seorang penderita kanker.

Setelah membaca buku ini ada beberapa hikmah yang dapat kita petik:
1. Berdoa kepada Tuhan Yabg Maha Esa adalah aktivitas yang wajib dilakukan. Tuhan  adalah sebaik-baiknya pelindung. Selain itu kita tidak mengetahui dari mana asal penyakit itu. Oleh karena itu kita  wajib memohon agar selalu dikaruniai badan yang sehat
2. Miliki ambisi. Karena ambisi untuk terus hidup membuat seseorang kuat menghadapi cobaan hidup.
3. Syukur. Penting untuk selalu bersyukur atas apa yang dikaruniakan Tuhan kepada kita. Syukurlah yang menghadirkan kebahagiaan dalam hidup.

Saya melalui tulisan ini engapresiasi atas terbitnya buku Dancing in The Rain. Hati saya tersentuh mendengar jawaban atas pertanyaan mengapa memilih judul ini. Lusia Dayu menjawab, saya suka menari di bawah hujan, karena tetesan air hujan membuat tidak ada seorang pun tahu saya menari sembari menangis. Seperti ungkapan Charlie Chaplin, "I always like walking in the rain, so no one can see me crying."

Ahad, 7 Oktober 2018

Comments

  1. Permisi mastah, sya newbie di dunia perBlogger-an
    minta tlong mampir di blogg sya donk biar naikin view gt maksdnya

    https://bisnisusaha2017.blogspot.com/

    https://bandarpulsareload.blogspot.com/

    https://onlinebussiness2018.blogspot.com/

    https://4p44j4boleh.blogspot.com/

    ini critanya blogwalking ngunu lha boss..hehhe
    makasih ya boskuuuuuu :)

    ReplyDelete
  2. tp mntap lho blog mu kang,, dh ada google adsense nya tu :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Baca Juga