Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Pemanfaatan Google Classroom untuk Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Google classroom untuk PPG
Ibu Marta pagi ini masuk tepat waktu di kelas B PPG Dalam Jabatan. Beliau mengungkapkan telah membuat kelas virtual menggunakan layanan Google Classroom. Ketua jurusan PGSD FKIP UAD ini mengaku telah memasukkan seluruh akun gmail peserta PPG Dalam Jabatan.

Namun ada beberapa peserta yang akun google nya belum masuk ke kelas virtual. Kebanyakan disebabkan karena salah menuliskan alamat email. Ada juga yang tidak menuliskan email dari gmail. Tidak masuknya beberapa peserta ke dalam kelas virtual ini membuat yang bersangkutan tidak mengetahui pengumuman penting. Selain itu tidak bisa mendownload materi yang diupload oleh ibu dosen pengampu.

Google classroom menerapkan dua cara untuk bergabung ke dalam sebuah kelas virtual yang telah dibuat oleh pengajar. Cara pertama adalah diundang oleh pengajar melalui akun gmail peserta. Cara ini mudah apabila pengajar telah memiliki semua akun gmail peserta yang valid. Namun apabila nama akun gmail tersebut salah ketik, bisa jadi bukan akun peserta yang masuk ke dalam kelas virtual.

Cara kedua untuk masuk ke kelas virtual adalah dengan menggunakan kode kelas. Kode kelas merupakan kode unik yang dibuat oleh google. Kode ini dari satu kelas virtual dengan kelas virtual lainnya berbeda. Namun hanya pengajar yang mengetahui kode ini. Sehingga pengajar harus menyebarkan kode ini ke peserta. Lalu peserta memasukkan kode ini ke google classroom. Secara otomatis peserta akan menjadi siswa dalam kelas virtual.

Pemanfaatan kelas virtual melalui google classroom memudahkan dosen dalam menyampaikan file materi dan pengumuman ke semua peserta PPG Dalam Jabatan. Tampilan kelas virtual yang sederhana membuat kelas virtual ini mudah digunakan. Selain itu kelas virtual ini menjadi salah satu alternatif bagi dosen menghadapi agenda akademik yang padat. Sehingga kelas PPG Dalam Jabatan tetap berjalan apabila dosen tidak dapat hadir karena kesibukan akademik.

Google classroom merupakan fasilitas kelas virtual yang mumpuni apabila digunakan untuk pembelajaran melalui internet. Google classroom mudah dibuat dan gampang untuk berbagi file materi. Tampilan yang mirip media sosial membuat setiap pengguna pemula mudah memahami menu fasilitas yang tersedia. Ayo, para guru, manfaatkan google classroom!

Jogja, 6 Oktober 2018

Comments

Baca Juga