Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

LAPORAN ORIENTASI & STUDIUM GENERALE BAGI MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN SEMESTER GASAL 2017/2018



1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
a.      Waktu dan Tempat
1)      Hari                     : Sabtu
2)      Tanggal                : 16 September 2017
3)      Pembukaan          : Sabtu, 16 September 2017 pukul 08.00 WIB
4)      Lama Kegiatan    : 1 hari
5)      Tempat                : Auditorium Kampus 3 UAD, Jl. Prof. DR. Soepomo Sh, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
                           
b.      Penyelenggara Kegiatan
Orientasi & Studium Generale bagi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Semester Gasal 2017/2018 diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan.

2.      Tujuan dan Alasan Mengikuti Kegiatan
Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru agar mampu menjadi lulusan pascasarjana yang kompeten dan berdaya saing.

3.      Penjelasan Isi Kegiatan
Isi kegiatan Orientasi & Studium Generale bagi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Semester Gasal 2017/2018 ini meliputi:
a.       Kebijakan Program Pascasarjana
b.      Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa Pascasarjana

4.      Tindak Lanjut
Guru setelah mengikuti kegiatan ini telah melakukan tindak lanjut berupa:
a.       Mengkontektualisasikan kiat sukses akademik bagi para siswa SD
b.      Menerapkan kebijakan program pascasarjana pada kegiatan perkuliahan

5.      Dampak
Dampak yang dicapai melalui Orientasi & Studium Generale bagi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Semester Gasal 2017/2018 adalah sebagai berikut:
a.       Memahami Kebijakan Program Pascasarjana
b.      Memanfaatan Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa Pascasarjana


LAMPIRAN

1.      Makalah (Materi) yang disajikan dalam kegiatan pertemuan
2.      Matrik ringkasan pelaksanaan pelatihan
3.      Fotocopy Surat Tugas
4.      Foto copy Sertifikat


Makalah (Materi) Yang Disajikan Dalam Kegiatan Pertemuan

Melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi (Magister dan Doktorat) memang membutuhkan banyak pengorbanan, baik waktu, biaya, tenaga dan pikiran. Banyak mahasiswa pascasarjana yang harus rela cuti kerja atau meninggalkan keluarganya untuk kuliah S2/S3. Sayangnya, tidak sedikit mahasiswa pascasarjana yang terganjal tesis/disertasi yang menyebabkan kemoloran studi yang mengharuskan mereka kehilangan lebih banyak waktu dan biaya. Berikut 7 Tips Lulus Pascasarjana Tepat Waktu berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan rekan-rekan pascasarjana program magister dan doktorat yang berhasil lulus tepat waktu dengan predikat cum laude > 3.60

1. Tentukan Judul Tesis/Disertasi
Sejak memutuskan untuk melanjutkan kuliah pascasarjana magister atau doktorat berusahalah menentukan judul tesis atau setidaknya menentukan variabel yang akan diteliti adalah kunci paling utama. Setidaknya 99% mahasiswa pascasarjana yang lulus 3 semester sudah memiliki rancangan tesis sejak awal perkuliahan. Akan sangat membantu kelancaran dan spesialisasimu apabila tesis magistermu sejalan dengan skripsi S1 yang telah kamu kerjakan. Sehingga, pada saat melamar pekerjaan, anda memiliki point kuat mengenai kepeminatan riset.

2. Kenali Dosen-dosen di Bidangnya
Sebisa mungkin usahakan kenali dosen-dosen yang terkait dengan rencana tesismu. Dosen pembimbing dipilih berdasarkan bidangnya. Kenali dosen yang ahli di bidang variabel riset yang kamu rencanakan. Bangunlah komunikasi yang baik mulai awal perkuliahan. Sampaikan kepada dosen tersebut bahwa kamu tertarik untuk belajar dan meneliti lebih lanjut tentang bidang ahlinya. Dosen kamu pasti akan memberikan saran dan pandangan yang akan sangat berguna. Kalau beruntung, biasanya dosen tidak pelit berbagi buku dan referensi lain.

3. Selesaikan Proposalmu di Semester 1
Mata kuliah yang membahasa proposal penelitian biasanya disajikan sejak awal perkuliahan pascasarjana atau magister. Kerjakan proposalmu dengan sungguh-sungguh dan niatkan untuk mengawali tesis, jangan hanya mengerjakan proposal untuk sekedar menyelesaikan mata kuliah. Akan lebih baik apabila menkonsultasikan proposal kamu kepada dosen yang kamu prediksi akan menjadi pembimbing tesismu.

4. Kumpulkan Banyak Referensi
Mulai sekarang kumpulkan banyak referensi yang mendukung bidang penelitian yang kamu ambil. Saat perkuliahan adalah saat yang tepat untuk mengumpulkan referensi. Pecahlah variabel penelitianmu menjadi beberapa sub-variabel. Carilah minimal 5 referensi pro dan 3 referensi kontra untuk masing-masing sub-variabel. Hal ini akan sangat berguna saat penulisan latar belakang penelitian, menentukan research gap, dan sebagai referensi di bagian diskusi hasil penelitian.

5. Jalin Hubungan Dengan Pihak Terkait
Jalin hubungan dengan pihak-pihak yang terkait dengan penelitian yang kamu kerjakan. Hal yang harus diingat adalah bahwa tesis/disertasi tidak hanya melibatkan kamu sendiri, tetapi banyak pihak yang menentukan mulai dari pihak dosen pembimbing, tempat penelitian, subjek penelitian, bahkan regulasi kampus. Jalinlah hubungan yang baik dengan pihak terkait dengan penelitianmu. Misal, penelitianmu akan dilaksanakan di sebuah rumah sakit, maka mulai sekarang carilah informasi mengenai prosedur pelaksanaan penelitian di rumah sakit yang sudah ditentukan. Sehingga pada waktunya penelitian, proses perijinan akan lebih cepat.

6. Buat Kedepakatan Dengan Dosen Pembimbing
Katakan dengan sungguh-sungguh pada dosenmu bahwa kamu harus lulus tepat waktu dan akan bekerja dengan sungguh-sungguh. Menyatakan kesungguhan dalam mengerjakan tesis/disertasi berarti membangun komitmen dengan diri sendiri dan dengan dosen. Hal ini juga berarti janji mahasiswa pada dosen yang harus ditepati.

7. Buat Deadline Pribadi
Mulailah membuat deadline pribadi secara terperinci. Menulis tesis atau disertasi adalah proses yang panjang dan kadang membosankan dan melelahkan. Akan banyak hal yang membuatmu menunda pekerjaan karena merasa akhir semester masih lama. Buatlah rincian target per bulan yang harus dipenuhi sampai tesis terselesaikan. Jangan lupa cek kalender akademis yang berlaku di kampusmu.

Hampir semua kampus mewajibkan mahasiswa memiliki Prosiding Internasional sebagai syarat. Jadi tidak ada ruginya kamu mengikuti Konferensi Internasional sejak awal semester. Kamu bisa menggunakan artikel yang kamu tulis berdasarkan Skripsi S1 mu untuk dimasukkan sebagai prosiding. Apabila artikel atau jurnal kamu masih berbahasa Indonesia, kami tim Translate Jurnal bisa membantu menerjemahkan dengan kualitas terjemahan terbaik dengan standar penulisan ilmiah akademis.



MATRIK RINGKASAN PELAKSANAAN DIKLAT

Nama Kegiatan
Tanggal/ waktu pelaksanaan
Institusi Penyelenggara
Tempat Kegiatan
Nama-Nama Fasilitator/ Pemakalah/ Pembahas
Dampak
Orientasi & Studium Generale bagi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Semester Gasal 2017/2018
16 September 2017
Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan
Auditorium Kampus 3 UAD, Jl. Prof. DR. Soepomo Sh, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
-          DR.Suwarsono Muhamad, M.M Pakar Manajemen dari Universitas Islam Indonesia
-          Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt., Direktur Pascasarjana UAD
-          Memahami Kebijakan Program Pascasarjana
-          Memanfaatan Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa Pascasarjana


Comments

Baca Juga