Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

LAPORAN SEMINAR NASIONAL DENGAN TEMA “MEMBANGUN JIWA ENTREPRENEUR MUDA UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI EMAS INDONESIA 2045”



1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
a.      Waktu dan Tempat
1)      Hari                     : Minggu
2)      Tanggal                : 25 Februari 2018
3)      Pembukaan          : Minggu, 25 Februari 2018 pukul 08.00 WIB
4)      Lama Kegiatan    : 1 hari
5)      Tempat                : Convention Hall UIN Sunan Kalijaga, Jalan Marsda Adisucipto, Kecamatan Bantul, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
                           
b.      Penyelenggara Kegiatan
Seminar Nasional dengan Tema “Membangun Jiwa Entrepreneur Muda untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045” diselenggarakan oleh FKIST Fakultas Sains & Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

2.      Tujuan dan Alasan Mengikuti Kegiatan
Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru agar terbuka wawasannya tentang pentingnya jiwa entrepreneur untuk mewujudkan generasi emas 2045.

3.      Penjelasan Isi Kegiatan
Isi kegiatan Seminar Nasional dengan Tema “Membangun Jiwa Entrepreneur Muda untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045” ini meliputi:
a.       Jiwa Entrepreneurship dan Generasi Emas Indonesia 2045
b.      Sharing experience pengusaha sukses

4.      Tindak Lanjut
Guru setelah mengikuti kegiatan ini telah melakukan tindak lanjut berupa:
a.       Melaksanakan pembelajaran yang berdampak pada peningkatan jiwa entrepreneur
b.      Menceritakan kembali kisah pengusaha sukses kepada siswa sekolah

5.      Dampak
Dampak yang dicapai melalui Seminar Nasional dengan Tema “Membangun Jiwa Entrepreneur Muda untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045” adalah sebagai berikut:
a.       Terbukanya wawasan siswa tentang Entrepreneurship dan Generasi Emas Indonesia 2045
b.      Siswa terinspirasi menjadi pengusaha sukses

LAMPIRAN

1.      Makalah (Materi) yang disajikan dalam kegiatan pertemuan
2.      Matrik ringkasan pelaksanaan pelatihan
3.      Fotocopy Surat Tugas
4.      Foto copy Sertifikat


Makalah (Materi) Yang Disajikan Dalam Kegiatan Pertemuan

Entrepreneurship adalah keyakinan kuat yang ada dalam diri seseorang untuk mengubah dunia melalui ide dan inovasinya. Keyakinan ini kemudian ditindaklanjuti dengan keberanian mengambil risiko untuk mewujudkan ide dan inovasinya tersebut melalui organisasi yang didirikan, mulai dari membangun, memelihara, mengembangkan, hingga menghasilkan dampak nyata bagi dunia. Orang yang memiliki keyakinan tersebut disebut entrepreneur atau wirausahawan.

 Menjadi seorang entrepreneur merupakan salah satu langkah untuk mencapai sebuah kesuksesan. Hampir setiap orang ingin menjadi wirausahawan atau entrepreneur sukses, namun hanya segelintir orang yang serius untuk “take action” dan mewujudkan impiannya menjadi entrepereneur sukses. Risiko dan perencanaan yang terlalu lama seringkali menjadi penghambat seseorang untuk maju dan menjalankan perusahaannya. Untuk membangun bisnis dan menjadi entrepereneur, sebagai langkah awal seseorang harus menumbuhkan jiwa wirausaha dan terjun langsung membangun bisnisnya. Ikuti beberapa tips berikut ini untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship.

Memulai Bisnis dengan Niat & Keyakinan
Ini termasuk kunci dasar yang harus dimiliki oleh wirausahawan. Bagaimana tidak? Bila kita membuka bisnis tanpa adanya niat dan keyakinan, pasti bisnis tersebut tidak akan berjalan maksimal. Jadikan niat dan keyakinan untuk berwirausaha sebagai pondasi Anda membangun sebuah bisnis. Jika sudah berniat untuk berbisnis, langkah selanjutnya adalah menumbuhkan keyakinan Anda untuk membangun bisnis menjadi nyata dan meraih sukses.

Memiliki Kecepatan Melihat Peluang
Banyak orang memulai bisnis mandiri karena memanfaatkan peluang yang mereka peroleh di lingkungannya. Peluang harus dicari, bila perlu pergilah melakukan perjalanan sekedar untuk mencari peluang-peluang bisnis. Karena setiap orang yang berwirausaha harus pandai mencari peluang. Dari peluang itulah bisa tercipta produk atau jasa yang dibutuhkan banyak orang. Jika Anda tertarik dengan dunia kuliner, lihat peluang bisnisnya di sini.

Pelajari Kisah Sukses Orang Lain
Ada banyak kisah pengusaha sukses yang membangun kerajaan bisnisnya dari nol, dengan perjuangan yang berat, jatuh bangun dan akhirnya mencapai kesuksesan yang besar. Kisah sukses seseorang dalam berbisnis ini dapat menumbuhkan motivasi Anda untuk melakukan hal serupa dan menghindarkan diri Anda dari ketakutan dan risiko yang akan dihadapi. Motivasi yang tinggi untuk berbisnis secara bertahap akan menumbuhkan jiwa entrepreneurship dalam diri Anda. Lihat kisah sukses pengusaha muda yang berhasil meningkatkan industri fashion Indonesia di sini.

Modal
Kebanyakan orang ragu untuk memulai bisnis karena tidak ada modal (uang). Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mencari modal. Caranya? Kita harus kerja terlebih dahulu. Kerja pun harus serius. Tidak hanya memandang job desk kita. Kerjakan beberapa hal lain dalam pekerjaan. Selain menambah pemasukan, juga menambah pengalaman kita dalam dunia kerja. Modal juga bisa didapatkan dengan cara meminjam ke Bank ataupun pihak lain. Baca di sini untuk melihat tips mendapatkan modal usaha dari Bank.

Fokus dalam Berwirausaha
Banyak halangan dan rintangan yang akan dihadapi dalam memulai sebuah bisnis. Oleh sebab itu sikap fokus yang dibarengi keyakinan dan optimis wajib dimiliki oleh seorang entrepreneur agar tidak mudah menyerah dan berhenti di tengah jalan.

Memiliki Kemampuan Menjual
Hal ini sangat penting dimiliki oleh calon entrepreneur. Bila tidak, semua hanya tinggal angan-angan. Kemampuan menjual adalah satu-satunya cara untuk menarik minat orang agar mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan terus melatih dan mencoba, kemampuan menjual dapat berkembang dari waktu ke waktu.

Lakukan Sekarang Juga
Banyak orang menunda dan beralasan untuk tidak memulai bisnisnya, sehingga impiannya untuk memiliki bisnis hanya jalan di tempat tanpa tindakan untuk mewujudkannya. Seorang calon entrepreneur sukses harus memiliki keberanian untuk “take action” dan menghilangkan ketakutan-ketakutannya serta langsung terjun ke dalam bisnis yang direncanakannya. Jika Anda telah memulai dan menjalankan bisnis dengan konsisten, dengan sendirinya mental dan jiwa entrepreneurship akan terbentuk.

Itulah tips menumbuhkan jiwa entrepreneurship dengan baik. Ingat, pengusaha dan entrepreneur itu berbeda. Seorang entrepreneur memiliki jiwa pengusaha, tapi seorang pengusaha belum tentu memiliki jiwa entrepreneur. Setelah memulai bisnis, Anda harus mengelolanya dengan baik agar dapat bertahan lebih lama dan berkembang dengan cepat.



MATRIK RINGKASAN PELAKSANAAN DIKLAT

Nama Kegiatan
Tanggal/ waktu pelaksanaan
Institusi Penyelenggara
Tempat Kegiatan
Nama-Nama Fasilitator/ Pemakalah/ Pembahas
Dampak
Seminar Nasional dengan Tema “Membangun Jiwa Entrepreneur Muda untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045”
25 Februari 2018
FKIST Fakultas Sains & Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Convention Hall UIN Sunan Kalijaga, Jalan Marsda Adisucipto, Kecamatan Bantul, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
-          Saptuari Sugiharto, Pengusaha Sukses Bidang Ekonomi Kreatif dan Kuliner
-          Terbukanya wawasan siswa tentang Entrepreneurship dan Generasi Emas Indonesia 2045
-          Siswa terinspirasi menjadi pengusaha sukses


Comments

Baca Juga