Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Analisis SWOT (Strength Weakness Opportunity Threat)

Analisis SWOT adalah sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat memberi gambaran (deskriptif). Strenghts (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman) merupakan kepanjangan dari akronim SWOT.

Teknik analisis SWOT adalah teknik untuk menyediakan kerangka kerja dalam rangka mengidentifikasi secara sistematis posisi organisasi. Caranya dengan menghubungkan kondisi objek analisis dengan lingkungan eksternal dan masalah serta peluang yang dihadapi.

Analisis SWOT bertujuan memisahkan masalah pokok dan memudahkan pendekatan strategis serta untuk menemukan aspek-aspek penting dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada suatu lembaga sehingga mampu memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mereduksi ancaman, dan membangun peluang.. Analisa SWOT adalah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi isu-isu internal dan eksternal yang mempengaruhi kemampuan kita dalam memasarkan event kita.
Analisa ini terbagi atas empat komponen dasar yaitu :
1. S = Strength adalah situasi atau kondisi yang menjadi kekuatan dari organisasi atau program pada masa kini ketika analisa dilakukan.
2. W = Weakness adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelamahan dari organisasi atau program pada masa kini ketika analisa dilakukan.
3. O = Opportunity adalah situasi atau kondisi dari luar  yang memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan.
4. T = Threat adalah situasi yang menjadi ancaman yang datang dari luar yang dapat mengancam eksistensi organisasi di masa depan. (Udin,S.2007)

Analisis SWOT digunakan menggambarkan keadaan yang sedang dihadapi atau mungkin akan dihadapi oleh setiap organisasi, termasuk organisasi di bidang pendidikan. Analisa SWOT menjadi dasar dalam merumuskan rencana dan strategi dalam mewujudkan cita-cita atau tujuan organisasi.

Comments

Baca Juga