Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Terpilih Menjadi MIE Expert Microsoft Indonesia

 


Saya bersyukur karena hari Ahad kemarin mendapat email bahwa saya terpilih menjadi seorang MIEE. Ini menjadi pengalaman yang luar biasa. Saya masih ingat betul bagaimana "profesor-profesor" MIEE yang pertama kali memperkenalkanku pada Microsoft sekitar lima tahun lalu.

Perkenalan dengan Microsoft untuk pertama kali itu mengingatkanku pada bagaimana para "kakak-kakak pembina" ini melibatkan saya dalam sebuah tim trainer. Tim ini telah membawa saya bagaimana rasanya melatih 945 guru di tahun 2019 secara tatap muka. Dan tahun ini-selama pandemi, secara tidak langsung-mengelola hampir sampai 3000 guru dengan pola dalam jaringan.

Saya yakin tanpa bantuan dari teman-teman dan berbagai pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, saya tidak bisa menjadi seorang MIEE. MIEE merupakan singkatan dari Microsoft Innovative Educator Expert. Microsoft Innovative Educator Expert secara bebas dapat diterjemahkan menjadi Pakar Pendidik Inovatif Microsoft. MIEE merupakan komunitas global ekslusif yang dikelola oleh Microsoft -level global-internasional.

Berikut beberapa catatan singkat yang saya serap dari email yang membawa kabar ketepilihan saya sebagai seorang MIEE. Di email tersebut disebutkan bahwa MIEE diharapkan menjadi akselerator. Dalam hal ini, Microsoft berkeyakinan bahwa kekuatan perubahan ada di dalam pendidik. Selain itu, Microsoft percaya bahwa teknologi saja tidak dapat membangun keterampilan abad ke-21 bagi siswa. Sehingga MIEE menjadi forum untuk menyatukan para pendidik yang telah berhasil membuat perubahan.

Saya yakin menjadi seorang MIEE sangat menyenangkan. Microsoft memberikan berbagai macam layanan dan kesempatan kepada pendidik yang terpilih menjadi MIEE selama satu tahun ke depan, di antaranya:
1. Setiap MIEE bergabung pada grup Facebook yang sifatnya ekslusif,  rahasia dan global -MIEE dari seluruh dunia bergabung di grup Facebook ini.
2. MIEE mendapatkan akses ke produk dan alat Microsoft secara gratis
3. Berpartisipasi dalam peluang pengembangan profesional eksklusif
4. Berpeluang untuk mengembangkan "personality branding" sebagai pemimpin dan pemikir dengan berpartisipasi dalam studi kasus, ceramah, dan pengembangan konten.
5. Seorang MIEE dan berbagai aktivitas pembelajarannya berkesempatan untuk ditampilkan di blog Daily Edventures Anthony Salcito.

Microsoft tidak menjadikan semua pendidik sebagai seorang MIEE. Pendidik yang berpredikat sebagai MIEE ditandai dengan adanya lencana MIEE yang tampil di profil diri dalam portal Acclaim -dapat diakses di www.youracclaim.com. Selain lencana, Microsoft juga memberikan sertifikat MIEE kepada para penyandang gelar MIEE.

Microsoft menjadikan seorang pendidik sebagai MIEE dengan berbagai pertimbangan. Beberapa hal yang dilihat oleh Microsoft ketika memilih pendidik menjadi MIEE adalah pendidik tersebut:
1. bersemangat dengan pekerjaan sebagai seorang pendidik
2. memiliki semangat kolaboratif sejati
3. berusaha untuk menginspirasi siswa dengan pemikiran di luar kotak tentang teknologi dalam pendidikan.

Microsoft menghargai kecerdasan dan jiwa kewirausahaan-jiwa kewirausahaan ini bukan jiwa kewirausahaan yang sering diidentikkan dengan dunia usaha. Microsoft melihat seorang pendidik yang menjadi MIEE memiliki keunggulan dalam pendidikan, menggunakan teknologi, dan media sosial.

Pendidik yang terpilih sebagai MIEE akan dilibatkan dalam kegiatan pendidikan Microsoft selama satu tahun ke depan. Bisa juga diteruskan ke tahun-tahun selanjutnya bila dinominasikan ulang. MIEE dapat dinobatkan kembali menjadi MIEE ketika mampu mempertahankan performa sebagai seorang pendidik seperti kriteria di atas.
 
"I am Rahma Huda Putranto. I come from Indonesia. This year will be a lot of fun. So excited to be selected as an MIE Expert for 2020-2021 #MicrosoftEdu #MIEExpert."

Comments

Baca Juga