Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Mudahnya Membuat Vlog


Vlog sudah tidak asing lagi bagi kita. Vlog yang merupakan singkatan dari video blog mudah sekali ditemukan di kanal video. Vlog digandrungi banyak orang karena "mudah" dalam proses pembuatannya. Kini, vlog semakin berkembang dengan adanya jenis vlog sesuai dengan tema yang diangkat.

Vlog adalah video yang berisi cerita/opini/komentar dari si pembuat video. Si pembuat video dapat mengomentari apa saja. Komentar/cerita/opininya ia ceritakan sambil direkam di depan kamera.

Dari sudut pandang pemula, vlog lebih mudah dibuat. Karena cukup bermodalkan kamera dan kepercayaan diri. Kamera diletakkan di depan, menghadap ke pembuat vlog. Si pembuat vlog pun tinggal berbicara dan menceritakan apa yang ada di dalam pikirannya.

Berbicara di depan kamera membutuhkan kepercayaan diri. Berbicara di depan kamera berbeda ketika berbicara di hadapan orang. Kalau tidak terbiasa berbicara di depan kamera, penampilan kita bisa-bisa jadi "plegak-pleguk."

Makanya, membuat vlog pun butuh kebiasaan dan perencanaan. Sebelum membuat vlog paling tidak ada tiga hal yang harus disiapkan. Pertama, kamera. Kedua, tujuan pembuatan vlog, dan ketiga narasi/plot/skrip yang akan diceritakan dalam vlog.

Vlog saat ini berkembang sangat pesat. Penyebutan vlog pun semakin beragam. Penyebutan vlog biasanya disesuaikan dengan tema/isi vlog yang dibuat. Contohnya Motovlog, sebutan vlog yang dibuat dengan cara mengendarai kendaraan sembari menceritakan kejadian yang dihadapi atau hal-hal lainnya. Ciri utama Motovlog ada pada proses pembuatannya di atas motor.

Ada juga beauty vlog. Para beauty vlogger biasanya menceritakan berbagai hal tentang cara untuk mempercantik penampilan diri. Kebanyakan membahas tentang produk kosmetik dan lain sebagainya.

Sampai disini, para pembaca bisa segera membuat vlog. Pembuatan vlog pada awalnya tidak harus menggunakan perangkat yang serba mahal. Vlog dapat dibuat menggunakan kamera bawaan HP. Tema vlog pun bisa apa saja. Yang penting perhatikan isi vlog tidak melanggar etika, sopan-santun dan/atau SARA. Sekali vlog dibuat dan diupload di dunia maya, vlog yang dibuat akan "mengabadi."



Comments

Baca Juga