Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Ngaku Blogger, Tapi Domain Authoritynya Rendah


Rasa malu itu melahirkan perubahan. Rasa malu ini muncul setelah saya menyebut diri saya Blogger. Lebih tepatnya malu karena "ngaku" blogger namun blog/website yang dikelola memiliki nilai Domain Authority (DA) rendah. Bahkan kalau boleh jujur, baru dua hari ini saya mengetahui adanya istilah DA. Kesadaran akan DA ini membawa niatan untuk nge-blog secara lebih serius.

DA secara sederhana merupakan pemeringkatan sebuah website. DA diukur dengan skala 1-100. 1 adalah angka terkecil. Jadi, kalau ada website yang nilai DA-nya lebih dari 90 tentu sangatlah bagus.

DA berdampak pada banyak hal. Dari sisi SEO, DA yang tinggi akan lebih mudah ditemukan di laman awal mesin pencari. DA saat ini menjadi ukuran kualitas sebuah website. Sehingga DA ini juga berdampak pada "nilai" jual website bila ada pihak yang ingin memasang iklan di website tersebut.

Penilaian DA ditentukan oleh banyak faktor. Versi Moz dikatakan kalau ada 40 faktor penilaian DA. Kono katanya, Google menggunakan sekitar 200 faktor.

Banyaknya faktor memang membuat soalan DA ini rumit. Tapi, dari sekian banyak ulasan, ada tiga hal yang mempengaruhi penilaian DA sebuah website. Pertama, usia domain. Kedua, backlink. Ketiga, volume/banyaknya isi website.

Setiap orang yang mau beriklan di website kita pasti akan melihat nilai DA ini. Selain itu, pengiklan lebih menyukai domain dengan kategori Top Level Domain (TLD). Jadi, langkah pertama meningkatkan DA adalah dengan mengubah TLD kalau kita menggunakan layanan penyedia blog gratisan (blogger, wordpress dan sejenisnya).

Comments

Baca Juga