Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd., M.Pd.  adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Pernah menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Selain itu, gelar magister bidang pendidikannya juga diperoleh melalui Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Uni

Refleksi Tahun Baru, Membuat Personal Mission Statement

Malam tahun baru ini, tepatnya 31 Desember 2023, saya berada di Borobudur. Situasinya hujan. Air turun dari langit mulai sore hingga malam. Tulisan ini mulai ditulis bersamaan dengan rintik hujan yang jatuh ke tanah. Hujan di sekitar Borobudur baru benar-benar berhenti sekitar pukul 23.46 WIB.

Saya pernah mengalami berbagai model pergantian tahun. Pernah di Semarang, Magelang, Jogja, Gunungkidul, dll. Setidaknya secara formal saya sudah mengalami 30 kali pergantian tahun. Ini dihitung semenjak saya lahir. ehehehe.

Akan tetapi saya ingin menceritakan pengalaman melewati malam tahun baru dua kali ini. Saya melewati malam tahun baru 2023 dan 2024 dengan menuliskan Personal Mission Statement. Aktivitas ini termotivasi setelah membaca buku 7 Habits karya Stephen R. Covey. Di awal buku pada bagian be proaktif kita diminta menuliskan pernyataan misi pribadi.

Setelah membaca buku tersebut, saya mencari informasi di Google. Stephen R. Covey menyediakan alat untuk membuat Personal Mission Statement ini secara online. Maka saya menggunakan layanan daring ini untuk menuliskan Personal Mission Statement pada dua tahun terakhir ini. Anda dapat membuatnya juga melalui tautan: https://msb.franklincovey.com/.

Penulisan Personal Mission Statement pada tahun 2024 ini saya sengaja tidak membaca apa yang saya tulis pada tahun 2023. Tujuannya agar saya bisa mendapatkan gambaran nyata untuk menyambut tahun ini. Instrumen itu juga sedikit saya modifikasi. Saya mengubah pertanyaan di kuesioner dalam rangka menjawab harapan saya di akhir tahun 2024 nanti.

Refleksi akhir tahun yang menggunakan instrumen yang sama ini benar-benar menguntungkan. Saya dapat memahami “perubahan” alam pemikiran saya satu tahun terakhir. Ternyata memang berbeda. Misalnya terkait tokoh inspiratif, di Akhir tahun 2022 saya menuliskan Prof Abdul Mu’ti. Tapi tahun ini nama tokoh tersebut tidak muncul. Saya lebih termotivasi dengan bapak DR. Nurbani Yusuf dan dua tokoh lainnya.

Simpulannya, menulis Personal Mission Statement selain dapat digunakan untuk membandingkan dari tahun sebelumnya, hal ini juga dapat menjadi sarana penegasan tujuan hidup. Setidaknya saya mengetahui arah mana yang nantinya akan saya tuju. Ini menjadi penting. Sebab, manusia bertindak karena adanya dorongan tindakan.


Rahma Huda Putranto

Borobudur, 1 Januari 2023

Comments

Baca Juga