Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Mestakung, Semesta Mendukung

Penulis mengetahui istilah mestakung untuk pertama kalinya ketika mendengar souljah merilis album baru pada tahun 2013an. Album tersebut diberi tajuk mestakung. Awalnya saya tidak terlalu tertarik mencari tahu apa itu makna dari mestakung. Pikirku mestakung merupakan istilah Sunda atau Betawi. Karena Souljah merupakan band dari Jakarta. Namun istilah mestakung baru saya ketahui setelah membaca ulasan tentang souljah di media daring. Souljah merupakan singkatan dari semesta mendukung. Istilah yang menarik/dan penuh makna.

Johanes Surya
Namun seiring berjalannya waktu. Saya membaca sebuah buku karya Wang yang berjudul Membaca Super Cepat. Buku ini menampilkan profil singkat dari Johanes Surya. Johanes Surya merupakan pengajar di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya adalah Universitas Indonesia. Yohanes surya merupakan lulusan dari universitas di amerika yang menjadi salah seorang mahasiswa berprestasi di sana enggak ada akhirnya dia memperoleh green katherine card adalah kartu sakti di mana pemegang yang memiliki hak untuk tinggal dan mencari pekerjaan di amerika namun yohanes surya memilih untuk pulang ke indonesia di sini ya mengajar di berbagai macam perguruan tinggi dan memperoleh gelar guru besar bidang fisika di universitas satya wacana salatiga selain sibuk mengajar dia memiliki perhatian yang besar terhadap kemajuan fisika di indonesia oleh karenanya dia mendirikan salah satu lembaga yang konsen pada penyiapan atlit untuk mengikuti olimpiade fisika jasanya untuk indonesia ternyata sudah sangat banyak sekali yang pertama dia rela untuk pulang dan yang kedua di adalah mencetak berbagai generasi yang mampu memenangkan olimpiade indonesia

Salah satu hal yang membuat saya menari adalah yang aneh surya merupakan orang pertama yang mencetuskan istilah mast agung saya pikir istilah must agung berasal dari souljah namun ternyata miss bakung berasal dari salah satu judul buku yang aneh surya yang itu "Mestakung: Rahasia Sukses Juara Dunia. Menurut penjabaran dari yohanes surya mista kong adalah suatu konsep ketika individu atau kelompok berada dalam kondisi kritis, maka semesta akan mendukung untuk keluar dari kondisi kritis tersebut.

Ada tiga hukum mestakung yang saya kutip dari Wang (2011:23) bahwa dalam setiap kondisi kritis pasti ada jalan keluar; ketika orang melangkah pasti akan melihat jalan keluar; ketika orang tekun melangkah maka akan mengalami mestakung. Serangkaian hukum yang menarik. Karena memuat ungkapan untuk menguatkan batin untuk selalu berusaha.

Hukum ini diawali dengan istilah "dalam setiap kondisi kritis pasti ada jalan keluar". Ungkapan ini menunjukkan sikap optimis. Optimis akan hadirnya jalan keluar. Keyakinan dan optimisme terkait harapan jalan keluar seperti ini sulit apabila tidak dilatih. Layaknya keterampilan, optimisme dapat dilatih. Tentu upaya pelatihannya dengan selalu meyakini bahwa dari setiap peristiwa atau kesulitan pasti ada jalan keluar.

Setelah keyakinan itu ada maka selanjutnya adalah keberanian untuk bertindak. Dalam konsep mestakung hal ini diungkapkan dalam istilah "ketika orang melangkah pasti akan melihat jalan keluar". Ketika seseorang berani bertindak mencari solusi yang disertai dengan keyakinan, maka Tuhan akan menunjukkan jalan keluar. Jalan keluar dari setiap kesulitan yang ada. Jalan keluar ini seolah menjadi hadiah bagi orang yang yakin akan pertolongan-Nya serta sabar dalam menghadapi cobaan.

Keyakinan dan keberanian melangkah harus dibarengi dengan ketekunan. Ketekunan untuk selalu berusaha dan tidak mudah menyerah. "ketika orang tekun melangkah maka akan mengalami mestakung". Semesta ini seolah diperintah oleh Tuhan untuk membantu hambaNya yang tidak mudah menyerah. Ketekunan dan semangat tidak mudah menyerah ini sering melahirkann " keberuntungan ". Saya berpandangan bahwa keberuntungan merupakan sesuatu yang tidak serta merta terjadi. Melainkan merupakan dampak pengiring dari usaha yang telah kita lakukan sebelumnya. Sehingga keberuntungan merupakan hadiah dari Tuhan kepada hambaNya yang tidak mudah menyerah dalam bentuk dukungan dari alam semesta.

Ternyata istilah mestakung bukanlah istilah yang baru. Mestakung merupakan istilah lama yang dicetuskan oleh Johanes Surya dan diadopsi oleh souljah. Konsep mestakung menjadi hal yang menarik. Karena melatih manusia untuk yakin, berani dan tidak mudah menyerah ketika kritis terjadi. Mestakung akan terjadi dalam berbagai macam bentuk. Bentuk ini yang mungkin disebut oleh sebagian orang sebagai "keberuntungan". Tentu keberuntungan dan segala macam mestakung merupakan salah satu bentuk pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Borobudur, 27 April 2018

Comments

Baca Juga