Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Naik Perahu di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri


Objek wisata Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri menyediakan fasilitas naik perahu. Terlihat ada dua jenis perahu yang disediakan. Jenis perahu yang ada yaitu perahu kecil berkapasitas enam penumpang dan perahu panjang.

Biaya naik perahu ini beragam. Tergantung jarak tujuan yang ditempuh. Tujuan naik kapal ada dua, yaitu menuju keramba dan ujung bendungan waduk gajah mungkur. Estimasi waktu menuju keramba sekitar 10 menit. Sedangkan menuju ujung bendungan yang ada tulisan waduk gajar mungkur sekitar 20 menit.

Tampaknya perbedaan jarak dan waktu tempuh ini menjadikan perbedaan harga sewa perahu. Berikut harga sewa perahu di waduk gajah mungkur dengan kapasitas enam penumpang.
- rute karamba 100 ribu/ perahu
- rute bendungan 150 ribu/ perahu

Ada juga jasa naik kapal yang lebih murah yaitu menggunakan sistem antrian. Biayanya cukup terjangkau, tertulis di spanduk 10 ribu/ orang. Namun antrian ini harus menunggu kapal sampai penuh. Dan kelihatannya tidak menggunakan kapal kecil yang berkapasitas enam orang tadi.

Naik perahu di waduk Gajah Mungkur cukup aman. Karena setiap penumpang diwajibkan memakai rompi pelampung. Rompi pelampung yang kami pakai terlihat baru dan sangat layak pakai.

Saran saya kepada calon pengunjung waduk gajah Mungkur, terutama yang ingin naik perahu adalah:
1. Pilih perahu sesuai dengan kemampuan kantong
2. Apabila membawa rombongan cukup banyak pilih sistem tiket antrian karena murah dan tidak menunggu terlalu lama
3. Kalau waktu kunjungan terbatas dan tidam memungkinkan menunggu pilih sistem sewa perahu

Secara umum pelayanan di waduk Gajah Mungkur sudah baik. Hanya saja wahana tempat bermain semua tutup ketika kami berkunjung. Saran untuk pengelola adalah mohon lebih ditertibkan lagi terkait penyedia jasa naik perahu. Minimal pakai seragam agar terlihat resmi. Ketika saya berkunjung kemarin cenderung terlihat tidak resmi karena tidak ada identitas yang mudah dikenali pengunjung. Dan yang paling penting lebih di"ramah"kan lagi terhadap para pengunjung.

Oh iya, tiket masuk waduk gajah Mungkur Wonogiri sebesar 10 ribu rupiah. Parkir mobil 3 ribu. Untuk sepeda motor kalau tidak salah 2 ribu rupiah.

Wonogiri, 6 September 2018

Dermaga perahu waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Tulisan bendungan serbaguna Wonogiri

Perahu Penyedot Lumpur Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Comments

Baca Juga